Materi bimbingan agama untuk anak dalam surat Luqman Ayat 13-19

Maimunah, Siti (2020) Materi bimbingan agama untuk anak dalam surat Luqman Ayat 13-19. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601016035_SITI_MAIMUNAH] Text (SKRIPSI_1601016035_SITI_MAIMUNAH)
SKRIPSI_1601016035_SITI_MAIMUNAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi: Materi Bimbingan Agama Untuk Anak Menurut Surat Luqman Ayat 13-19 membahas tentang materi bimbingan agama yang dengan objek kajian berupa surat Luqman, kajian ini membantu orang tua, konselor atau pun Da’I agar mudah untuk membimbing anak yang sesuai dengan ajaran islam, mempunyai akhalakul karimah dan mempunyai wawasan yang islami. Oleh karena itu sangat penting untuk mengembangkan khazanah ilmu dakwah.
Ada pun penelitian yang di pakai dalam skripsi ini adalah dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Karena objek kajian penelitian adalah ayat Al-Quraan. Untuk tekhnik pengumpulan data penulis menggunakan data library research ( studi pustaka). Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan ayat-ayat yang berkenaan dengan lafadz yang murni. Penelitian ini dilakukan degan mengumpulkan ayat-ayat yang berkenaan dengan lafadz materi bimbingan agama islam. Dalam kisah Luqman Al Hakim terdapat materi bimbingan agama islam yang dapat diambil dan diamalkan sebagai pelajaran yang sangat relevan dan dapat dijadikan rujukan untuk penelit ian berikutnya.
Didalam surat Luqman ayat 13-19 terdapat materi bimbingan agama yaitu materi syariah, materi akidah dan materi akhlak, dari ketiga materi tersebut dapat dipetik beberapa pelajaran berupa larangan untuk menyekutukan Allah, berbakti kepada kedua orang tua, mempertanggung jawabkan setiap pekerjaan yang dilakukan, perintah untuk mengerjakan sholat, berbuat baik, mencegah dari hal-hal yang tidak baik, bersabar, rendah hati dan tidak sombong terhadap orang lain. Dari beberapa hasil yang di dapatkan berharap agar anak-anak mempunyai jiwa yang islami, akhlakul karimah dan tidak menyimpang dari ajaran islam. Dari hal tersebut anak di beri tanggung jawab sejak dini agar kelak nanti anak akan lebih berhati-hati ketika melakukan sebuah perbuatan. Karena semua perbuatan yang dilakukan selama di dunia ini harus dipertanggung jawabkan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan konseling; Bimbingan anak; Orang tua
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 21 May 2022 04:41
Last Modified: 21 May 2022 07:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16075

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics