Proses produksi siaran “Dakwah Keliling Majelis” di Radio Purnamasidi 98 FM Wonosobo

Asya’roni, Reny Atika (2020) Proses produksi siaran “Dakwah Keliling Majelis” di Radio Purnamasidi 98 FM Wonosobo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026077_Reny Atika A_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601026077_Reny Atika A_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan tegnologi khususnya radio banyak digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan informasi tidak terkecuali informasi tentang keagamaan. Program keagamaan banyak bermunculan dan seakan-akan saling berlomba untuk menampilkan siaran semenarik mungkin. Radio Purnamasidi 98 FM dengan salah satu program unggulan yaitu siaran Dakwah Keliling Majelis memberikan sajian keagamaan yang ringan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses produksi siaran Dakwah Keliling Majelis di radio Purnamasidi 98 FM dari tahap pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekataan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Adapun metode analisis yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat atau memiliki karakteristik bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan kewajaran atau sebagaimana adanya penulis melakukan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Radio Purnamasidi 98 FM sudah menggunakan SOP (Standard Operasional Procedure) yang jelas sehingga bisa dijadikan sebagai pedoman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses produksi siaran Dakwah Keliling Majelis melalui tiga tahapan, yaitu Pra Produksi, Produksi dan Pasca Produksi. Pada tahapan pra produksi terdiri dari penemuan ide dan perencanaan. Untuk tahap produksi, crew Dakwah Keliling Majelis selalu melakukan pengecekan ulang peralatan yang sudah dipersiapkan dan crew siap pada posisi masing-masing, namun terkendala crew yang masih merangkap double job karena minimnya SDM di radio Purnamasidi 98 FM. Terakhir pasca produksi, tahapan ini dilakukan editing off line, editing on line dan mixing mengingat Dakwah Keliling Majelis dilakukan secara taping (rekaman)

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Dakwah; Alat Dakwah; Radio dan Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 28 May 2022 02:15
Last Modified: 28 May 2022 02:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16109

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics