Pesan moral dalam novel Perjalanan Rasa karya Fahd Djibran

Dharma, Ryan Sandy Adi (2020) Pesan moral dalam novel Perjalanan Rasa karya Fahd Djibran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026120_RYAN SANDY ADI DHARMA_Skripsi lengkap.pdf] Text
1601026120_RYAN SANDY ADI DHARMA_Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kehadiran novel memiliki arti penting bagi tumbuhnya sebuah kehidupan yang ideal dalam masyarakat. Jika dilihat dari minat pembaca novel maka tidak heran banyak novel yang menawarkan konsep kehidupan bermoral yang ideal digambarkan oleh pengarang. Fahd Djibran memandang perilaku yang terjadi masyarakat merupakan hasil dari citra diri yang disebabkan oleh perilaku individu yang didapatkannya dalam keluarga. Seseorang akan menghubungkan, menilai, mempertimbangkan suatu tindakan yang akan dipilih dari kejadian atau peristiwa yang sesuai dengan kondisi dimana dia mulai berpikir untuk bertindak sesuai apa yang dia peroleh dari orang tua dan lingkungannya. “Novel Perjalanan Rasa” merupakan refleksi dari ketidakpuasan diri terhadap sesuatu yang terjadi di lingkungan seseorang tinggal. Novel ini berusaha memperbaiki kepincangan moral dari keluarga menjadi lingkup terkecil dalam masyarakat yang menjadi sebuah kunci untuk membantu memperbaiki kepincangan moral. Novel ditulis berdasarkan pada sebuah pengalaman, perasaan, dan pikiran penulis yang dirasa memiliki kesamaan dimensi dengan pembaca. Kemudian muncul pertanyaan penelitian: Bagaimana pesan moral yang ditunjukan dalam “Novel Perjalanan Rasa” karya Fahd Djibran. Teori yang digunakan milik Charles Sanders Peirce yaitu segitiga semiotik yang terdiri dari representamen, objek, dan interpretan. Dari tiga unsur diatas menghasilkan rangkaian hubungan yang disebut dengan proses semiosis. Studi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotik. Data diperoleh dari sumber primer sebagai data yang diperoleh dari “Novel Perjalanan Rasa”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan moral yang terkandung dalam Novel Perjalanan Rasa mencakup tema berbakti kepada orang tua, bersikap rendah hati, berpegang teguh terhadap keyakinan, bersikap bijaksana, dan patuh terhadap keputusan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Dakwah; Novel dan Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.24 Content
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 28 May 2022 03:58
Last Modified: 28 May 2022 03:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16177

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics