Dakwah Husein Ja’far Al Hadar dalam kanal Jeda Nulis

Mahendra, Aditya (2020) Dakwah Husein Ja’far Al Hadar dalam kanal Jeda Nulis. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026139_ADITYA MAHENDRA_Skripsi LENGKAP.pdf] Text
1601026139_ADITYA MAHENDRA_Skripsi LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dakwah adalah upaya kegiatan mengajak atau menyeru umat manusia agar berada di jalan Allah. Memasuki era modern dakwah sangat bergantung terhadap dai milenial. Da’i milenial seharusnya berdakwah dengan menerapkan metode yang sesuai dengan keinginan masyarakat dan mengikuti perkembangan zaman. Metode dakwah yang diterapkan dalam setiap aktivitas didukung dengan media modern yang sanggup menarik perhatian mad’u skala luas. Kemajuan teknologi dan media modern membuat metode dakwah yang diterapkan da’i milenial harus mempunyai ide yang menarik guna menggapai kesempurnaan dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dakwah Husein Ja’far Al Hadar dalam kanal Youtube “Jeda Tulis” dengan teknik analisis deskriptif model Miles dan Huberman, menggunakan tiga tahap analisis yaitu reduksi data dengan proses memilih sumber utama yang sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan, display data yaitu dengan menyusun data yang telah direduksi dan pengelompokan sesuai dengan indikator, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dengan metode pengumpulan data teknik dokumentasi dan meneliti sebanyak empat episode. Peneliti menggunakan empat episode yang menjadi sumber data episode Berakhlak pada yang tak berakhlak (Ft. Coki Muslim), Ngobrolin musik dan Dakwah Ft. Vikri Rasta, Ngobrolin bioskop Haram & kedaulatan dalam beragama (Feat Arie Kriting), Lagu Aisyah dan dakwah milineal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Husein Ja’far berdakwah menggunakan bahasa yang santun, mudah dipahami, dan tidak menggurui. Peneliti menemukan cara berdakwah Husein Ja’far dengan menggunakan mujadalah. Prinsip mujadalah yaitu qaulan baligha memberi nasehat bagaimana menyikapi Al Qur’an pada masa sekarang dan hubungan antara sesama manusia, qaulan ma’rufa menjelaskan lawan bicara dengan perkataan yang baik, qaulan layyina Husein Ja’far memberi pengertian kepada lawan bicara dengan memahami Islam menghadapi sikap emosional, qaulan masyura menjelaskan bagaimana hukum-hukum Islam yang berlaku pada kehidupan saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Dakwal Bil Kitabah; Media Dakwah; Alat Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.22 Kinds of communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 04 Jun 2022 03:53
Last Modified: 04 Jun 2022 03:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16186

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics