Retorika kyai Fachrur Rozi dalam siaran “ngaji bareng kyai” TVRI Jawa Tengah: episode ibadah itu nikmat

Fathurridho, Bagasudin (2020) Retorika kyai Fachrur Rozi dalam siaran “ngaji bareng kyai” TVRI Jawa Tengah: episode ibadah itu nikmat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026141_Bagasudin Fathurridho_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601026141_Bagasudin Fathurridho_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Saat ini penguasaan retorika yang baik dan benar tidaklah mudah. Seorang da’i harus dapat menyampaikan pesan dengan mudah diterima oleh mad’u, namun masih banyak para pendakwah yang kurang memperhatikan kaidah teknik dan komponen retorika yang ada. Retorika telah digunakan oleh kalangan da’i dalam mensyiarkan dakwahnya, salah satunya adalah Kyai Fachrur Rozi yang sering bercerita teladan masa kini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik dan komponen retorika dalam berdakwah. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dokumentasi video serta pisau analisis datanya adalah kaidah teknik dan komponen (bentuk penggunaan bahasa, susunan pesan,bentuk persuasif) dari retorika dakwah. Setelah melakukan analisis dengan kaidah teknik dan komponen retorika dalam program acara Ngaji Bareng Kyai Fachrur Rozi “Ibadah Itu Nikmat” pada tanggal 2 Februari 2019 menghasilkan kesimpulan yang menunjukan bahwa Kyai Fachrur Rozi dalam menyampaikan pesan dakwahnya menggunakan teknik pemakaian bahasa sebagai seni untuk memahamkan isi dakwah (materi) kepada mad’u, hal ini terbukti menggunakan teori Gorys Keraf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Dakwah; Alat Dakwah; Kyai
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 04 Jun 2022 04:02
Last Modified: 04 Jun 2022 04:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16187

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics