Analisis isi dakwah Fahruddin Faiz dalam program “Ngaji Filsafat” di MJS channel

Chusna, Lailia (2020) Analisis isi dakwah Fahruddin Faiz dalam program “Ngaji Filsafat” di MJS channel. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026162_LAILIA CHUSNA_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601026162_LAILIA CHUSNA_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Dakwah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, akan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dakwah dengan cara manual. Fungsi teknologi informasi pada dunia maya adalah keikutsetaan secara langsung, dimana model komunikasi yang dibentuk dunia maya adalah komunikasi massa yang melibatkan banyak manusia dalam prosesnya. Kemajuan teknologi informasi memunculkan media baru yang disebut internet. Peran internet dalam dakwah, memungkinkan terjadinya komunikasi yang melibatkan jutaan orang diseluruh dunia tanpa adanya hubungan yang bersifat pribadi. Youtube merupakan salah satu bentuk tranformasi berskala luas dari kemajuan teknologi informasi, dimana tranformasi tersebut juga memunculkan pola baru hubungan antar manusia. Fahruddin Faiz merupakan tokoh yang bekerjasama dengan kelembagaan kanal Youtube MJS Channel untuk menyampaikan dakwah Islam. Kajian yang Fahruddin Faiz asuh untuk menyampaikan dakwah adalah kajian “Ngaji Filsafat” pada kanal tersebut. Dari latarbelakng tersebut, penelitian ini merumuskan rumusan masalah analisis isi dakwah Fahruddin Faiz dalam kajian “Ngaji Filsafat” di MJS Channel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan . Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis konten dakwah pada kanal Youtube. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan referensi bagaimana berdakwah dengan memanfaatkan media Youtube. Hasil penelitian ini adalah Berdasarkan empat sample video dakwah yang penulis teliti dari unggahan program kajian Ngaji Filsafat di MJS Channel, menunjukkan bahwa video tersebut berisi materi dakwah Islam. Yang memuat tentang materi dakwah aqidah, syariah, dan akhlaq. Pesan dakwah dalam video dakwah tersebut dikemas dengan menggunakan filsafat Islam. Berupa penyampian dari tokoh-tokoh filsuf, hingga menggunakan analogi kisah-kisah yang terkenal pada masa silam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Materi Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 04 Jun 2022 04:58
Last Modified: 04 Jun 2022 04:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16190

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics