Peningkatan kemampuan mengenal bahasa anak melalui permainan dadu huruf di kelompok B RA Hj. MUSIYARTI

Paramita, Adeliani Wahyuna (2021) Peningkatan kemampuan mengenal bahasa anak melalui permainan dadu huruf di kelompok B RA Hj. MUSIYARTI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603106058_ADELIANI WAHYUNA PARAMITA_Lengkap] Text (SKRIPSI_1603106058_ADELIANI WAHYUNA PARAMITA_Lengkap)
1603106058_ADELIANI WAHYUNA PARAMITA_TUGAS AKHIR - Adeliani wahyuna Paramita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian kualitatif berjudul “ Peningkatan Kemampuan Mengenal Bahasa Anak Melalui Permainan Dadu Huruf Di Kelompok B RA Hj. MUSIYARTI” bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bahasa mengenai permainan dadu huruf di kelmpok B RA Hj. SRI MUSIYARTI Kelurahan Bringin, Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Yang bertujuan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimanakah kemampuan membaca dan mengenal huruf dikelompok B RA Hj. Musiyarti Ngaliyan Semarang? (2) Bagaimana peningkatan kemampuan membaca dan mengenal huruf di kelompok B RA Hj. Sri Musiyarti Ngaliyan Semarang melalui permainan dadu huruf?.
Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana penulis membuat deskripsi secara factual, akurat dan sistematis mengenai fenomena yang telah diselidiki. Penelitian hanya difokuskan pada anak-anak kelompok B2 RA Hj. Sri Musiyarti bringin ngaliyan semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji keabshan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Sedangkan teknik analisa data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari peningkatan kemampuan bahasa anak melalui permainan dadu huruf dikelompok B RA Hj. Sri Musiyarti ngaliyan semarang sudah berhasil. Karena anak sudah mulai mengenal, memahami, serta mampu mengembangkan kemampuan bahasanya dengan baik. Terbukti dengan naiknya nilai anak BSH yang semula hanya 22% menjadi 50%, meningkat sebesar 28% setelah menggunakan metode permainan dadu huruf.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pembaca, orang tua, guru RA/TK dalam ikut membantu meningkatkan kemampuan bahasa anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahasa anak; Permainan dadu huruf; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Jun 2022 03:43
Last Modified: 11 Jun 2022 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16197

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics