Pengembangan sosial emosional anak melalui permainan dakon di TK Madinatul Ilmi Al-Amien 2020/2021

Nada, Nailun (2021) Pengembangan sosial emosional anak melalui permainan dakon di TK Madinatul Ilmi Al-Amien 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703106003_NAILUN NADA_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703106003_NAILUN NADA_Lengkap)
1703106003_NAILUN NADA_TUGAS AKHIR - nada biru.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu gambaran mengenai social emosional anak yang berisi tetang Pengembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Dakon Di TK Madinatl Ilmi Al-Amien2020/2021.
Pada kehidpan anak usia dini sangatlah penting sekali peranan seorang pendidik yang tentuny cukup mempengaruhi pengembangan sosial emosional anak. Karena diketahui bahwa anaka usia dini merupakan peniru yang sangat handal karena mereka pada umumnya belum bias membedakan antara perbatan baik maupun perbuatan yang buruk. Sehingga mereka bisa meniru sikap seseorang yang ada di sekitarnya. Salah satu sikap metode yang dapat kita lihat pada pengembangan sosial emosional anak adalah melalui permainan dakon, dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak usia dini. Terhadap pengembangan sosial emosional anak di TK Madinatul Ilmi Al-Amien merupakan penelitian yang dipilih peneliti.
Dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang disimpulkan melali wawancara, observasi, dan dekumentasi analisis. Data dianalisis secara kualitatif dengan cara reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan SosiaL Emosional Anak Melali Permainan Dakon Di TK Madinatul Ilmi Al-Amien merupakan bentuk kegiatan yang untuk melatih sikap secara sosial emosional pada anak usia dini secara lebih mdah. Dampak pada permaianan dakon terhadap pengembangan sosial emosional anak adalah anak mampu memahami sikap dan perilaku yang mulia seperti tolong menolong, memiliki rasa empati, mamp bertanggng jawab, terhadap apa yang telah anak perbuat, dengan ini peneliti fokus pada anak usia 4-5 tahun dengan harapan anak lebih mengerti setalah diberi arahan dalam sosial emosional seperti setelah melakkan permainan dakon anak dapat membereskan kembali permainan dakon, dan peduli terhadap teman sebayanya yang belum mengeti pada saat melakukan permainan dakon, dan anak juga belajar bersikap menerima dirinya ssaat kalah ketikan melakukan permainan dakon.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan sosial; Emosional anak; Permaianan dakon; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Jun 2022 03:36
Last Modified: 11 Jun 2022 03:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16208

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics