Pesan dakwah dalam video klip album “Ruang Hati” karya Ungu Band: analisis semiotik Roland Barthes

Azzahro, Hamidah (2021) Pesan dakwah dalam video klip album “Ruang Hati” karya Ungu Band: analisis semiotik Roland Barthes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401026015_Hamidah Azzahro_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1401026015_Hamidah Azzahro_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Manusia adalah mahkluk sosial yang memerlukan komunikasi untuk kelangsungan hidupnya. Video klip merupakan karya audio visual disertai lagu yang dihasilkan oleh sebuah grup musik. Video klip sebagai media memiliki signifikan yang besar untuk memengaruhi publik melalui video yang menggambaran isi dalam lirik. Publik seakan menyaksian langsung bahkan ikut merasakan isi lirik dalam video klip. Video klip yang menjadi objek penelitian adalah video klip album “Ruang Hati” karya Ungu band. Terdapat 10 video klip dan didalamnya menceritaan berbagai problematika kehidupan yang sering kali terjadi pada sesama manusia yang dapat diambil pesan dakwahnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Yakni menggambarkan scene-scene yang ada dan kata-kata sedemikian rupa untuk menggambarkan objek penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika, yaitu semiotika model Roland Barthes. Dalam metode tersebut Barthes mengembangkan dua sistem penandaan bertingkat yaitu denotasi dan konotasi. Pada signifikasi tahap kedua yang berkaitan dengan isi, tanda bekerja melalui mitos. Berdasarkan data peneliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pesan dakwah yang terkandung dalam video klip album “Ruang Hati” terdiri dari tiga hal yang meliputi aqidah, syari’ah dan akhlak. 1. Materi aqidah tentang ajakan untuk mengimani Allah, kitab dan hari akhir. 2. Materi Syari’ah tentang ajakan untuk melakukan ibadah sesuai syariat Islam. 3. Materi akhlak tentang ajakan untuk senantiasa berbuat baik kepada sesama makhluk Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Dakwah; Alat Dakwah; Dakwah dan Kesenian
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.22 Kinds of communication
700 The arts > 780 Music > 781 General principles and musical forms
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 11 Jun 2022 01:58
Last Modified: 11 Jun 2022 01:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16220

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics