Ideologi pendidikan pramuka dalam scouting for boys : aktualisasinya dalam sistem pendidikan islam

Sodiq, Nur (2021) Ideologi pendidikan pramuka dalam scouting for boys : aktualisasinya dalam sistem pendidikan islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1403016122_NUR_SODIQ] Text (SKRIPSI_1403016122_NUR_SODIQ)
1403016122_Nur Sodiq_Lengkap Tugas Akhir - Sedia Store.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji sebuah buku yang berjudul Scouting for Boys karya Baden Powell yang menjadi rujukan pendidikan kepanduan sedunia, yang di Indonesia dikenal dengan istilah Pramuka. Pendidikan Kepramukaan dalam perjalan sejarahnya hingga saat ini tak lekang oleh waktu, bahkan dalam rapat dengar pendapat antara DPR RI dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka sepakat bahwa pendidikan kepramukaan adalah cadangan terakhir pendidikan karakter di Indonesia. Hal ini sangat menarik mengingat pendidikan kepanduan yang bermetamorfosa menjadi pendidikan kepramukaan adalah hasil penyesuaian nilai-nilai luhur bangsa. Sehingga dalam hal ini akan dikaji mengenai ideologi yang terdapat dalam Scouting for Boys agar dapat diketahui apa nilai-nilai yang terdapat di dalamnya. On the other hand, sebuah pendidikan pasti tidak dapat terlepas dari sebuah sistem, maka dalam hal ini akan dikaji pula mengenai sistem yang digunakan pendidikan kepramukaan dengan kaca mata pendidikan Islam.
Studi ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) untuk mengetahui maksud dari sebuah teks yang multi-interpretasi. Hasilnya adalah nilai-nilai yang terdapat dalam buku Scouting for Boys sangat relevan dengan ideologi yang digunakan Gerakan Pramuka yaitu Pancasila. Nilai Ketuhanan yang menjadi pondasi pendidikan kepramukaan merepresentasikan komponen yang dibutuhkan dalam tujuan pendidikan terutama pendidikan Islam. Terlihat dari faktor-faktor yang terdapat dalam sistem pendidikan Pramuka yang sejatinya adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan yang dapat menjangkau seluruh lapisan baik secara vertikal (hablu minallah), maupun horizontal (hablu minannas).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ideologi; Pramuka; Pendidikan Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:48
Last Modified: 24 Jun 2022 02:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16268

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics