Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ) pada masa pandemi covid-19 di SD HJ. Isriati Baiturrahman 2

Muflichah, Ana Nafisatul (2021) Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ) pada masa pandemi covid-19 di SD HJ. Isriati Baiturrahman 2. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1403016147_ANA_NAFISATUL_MUFLICHAH] Text (SKRIPSI_1403016147_ANA_NAFISATUL_MUFLICHAH)
1403016147_Ana Nafisatul Muflichah_Full Skripsi - ana nafisatul muflichah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Saat ini dunia sedang dihebohkan dengan adanya virus covid-19, virus ini juga memberi dampak bagi pendidikan. Selama masa pandemi covid-19 banyak sekolah yang menerapkan pembelajaran daring. Pembelajaran ini dilaksanakan setelah adanya kebijakan pemerintah tentang larangan melakukan pembelajaran secara tatap muka selama masa pandemi covid-19 sesuai dengan surat yang diedarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Budaya.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran daring di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 serta faktor apa saja yang menjadi penghambatnya, juga usaha apa saja yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif yang termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data melalui tahapan-tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil temuan penulis berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa selama pandemi pembelajaran dilakukan dengan dua cara yaitu pembelajaran jarak jauh dan tatap muka terbatas. Pembelajaran memiliki tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Beberapa hambatan yang ada seperti tidak semua siswa memiliki HP/Android sendiri, signal yang kurang baik, kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran daring, dan juga guru yang lelah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Baca Tulis al-Qur’an (BTQ); Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:13
Last Modified: 24 Jun 2022 03:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16270

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics