Motivasi belajar perspektif Q.S. Al-Insyirah

Khafidzin, Khafidzin (2021) Motivasi belajar perspektif Q.S. Al-Insyirah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1403016155_Khafidzin_Full Skripsi - kha fidzin.pdf] Text
1403016155_Khafidzin_Full Skripsi - kha fidzin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui tafsir tentang Q.S al-insyirah kaitranya dengan motivasi dalam belajar. Motivasi belajar dalam proses pembelajaran ialah aspek yang sangat berarti dalam memastikan keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji motivasi belajar dalam perspektif ayat Al-Qur’an surah al-insyirah. Mengkaji dan menganalisis surah al-insyirah dari aspek bahasa, dan dari aspek makna yang tersurah dan yang tersirat, menganalisis isyarat-isyarat dan analogi yang terdapat dalam ayat tersebut.
Metode penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka atau library research yaitu dengan menelaah naskah, dokumen, arsip, buku atau majalah, dengan menggunakan pendekatan analitik. Sedangkan metode pembahasannya menggunakan metode tematik, yaitu menghimpun ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan topik penelitian serta menguraikannya dengan ilmu bantu yang relevan. Sumber primer dalam penelitian ini adalah Al-Qur’an dan beberapa kitab tafsir seperti tafsir.
Di dalam surat al-insyirah terdapat beberapa motivasi yaitu nilai ikhlas, nilai sabar, nilai kerja keras,dan nilai tauhid. Ikhlas artinya melakukan sesuatu dengan suka rela tanpa mengharapkan suatu imbalan. Sabar ialah tahan menderita sesuatu yang tidak disenangi dengan ridha dan ikhlas serta berserah diri kepada Allah. Janji Allah akan setiap kebahagiaan hamba-Nya setelah adanya kesulitan. Karena itulah sebagai hamba-Nya, untuk selalu sabar dalam setiap apapun yang terjadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Metode belajar, Q.S. Al Insyiroh
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:58
Last Modified: 24 Jun 2022 06:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16271

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics