Persepsi tokoh MWCNU Dawe terhadap metode ceramah ustadz Abdul Somad di Youtube

Rohmah, Anik Maulidyah (2021) Persepsi tokoh MWCNU Dawe terhadap metode ceramah ustadz Abdul Somad di Youtube. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401026110_Anik Maulidyah_Skripsi lengkap.pdf] Text
1401026110_Anik Maulidyah_Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang persepsi MWCNU Dawe terhadap metode ceramah Ustadz Abdul Somad di YouTube untuk menemukan fakta tentang beberapa persepsi MWCNU Dawe tentang Metode Ceramah Ustad Abdul Somad di YouTube. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebanyakan dari para Ulama’ menggunakan media YouTube dalam mencari video-video dakwah, kemudian di pelajari bagaimana materi, gaya bahasa serta penyampaian pesan yang baik agar diterima oleh mad’u. Dengan banyaknya fenomena yang terjadi terhadap dakwah Ustadz Abdul Somad, Lc., MA, maka akan menimbulkan berbagai macam persepsi. Dalam perspektif ilmu komunikasi, persepsi dapat dikatakan sebagai inti komunikasi, sedangkan penafsiran (interpretasi) adalah inti persepsi yang identik dengan penyandian balik (decoding) dalam proses komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan fakta tentang beberapa persepsi tokoh MWCNU Dawe tentang Metode Ceramah Ustad Abdul Somad di YouTube. Metode dakwah adalah cara-cara tertentu yang dilakukan oleh seorang da’i (komunikator) kepada mad’u untuk mencapai suatu tujuan atas dasar hikmah dan kasih sayang. Dalam penelitian ini penulis menanyakan pendapat terhadap metode Ceramah seorang da’i. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara (interview) dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif yakni data yang terkumpul, dipilih kemudian ditafsirkan dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan mengenai metode Ceramah ustadz Abdul Somad di media YouTube menggunakan gaya bahasa sehari-hari dan menyesuaikan dengan kondisi mad’u. Serta ustadz Abdul Somad memiliki gaya suara yang khas, seperti logat daerah asalnya yaitu logat melayu dan artikulasi atau pelafalan yang jelas. Sehingga apa yang disampaikan oleh ustadz Abdul Somad mudah untuk dimengerti dan dipahami.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Dakwah Bi Lisan; UAS; Media Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.22 Kinds of communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 25 Jun 2022 02:20
Last Modified: 25 Jun 2022 02:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16280

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics