Implementasi sekolah ramah anak di SD Islam Plus Muhajirin, Gebangsari, Genuk, Kota Semarang

Maghfur, Shodikin (2021) Implementasi sekolah ramah anak di SD Islam Plus Muhajirin, Gebangsari, Genuk, Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016116_SHODIKIN_MAGHFUR] Text (SKRIPSI_1603016116_SHODIKIN_MAGHFUR)
1603016116_Shodikin Maghfur_Lengkap Tugas Akhir - Wek e Shod.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perilaku anak di masa yang akan datang sangat dipengaruhi oleh pendidikan yang mereka dapatkan di masa sekarang. Setiap anak perlu mendapatkan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik, mental maupun sosial. Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengeluarkan Peraturan Menteri No 8 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak, yaitu sekolah yang mampu menjamin dan memenuhi hak-hak anak untuk memberikan perlindungan terhadap anak dari tindak kekerasan di lingkungan pendidikan.
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Sekolah Ramah Anak (Pelaksanaannya di SD Islam Plus Muhajirin, Gebangsari, Genuk, Kota Semarang). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan program, dan evaluasi hasil pembelajaran program sekolah ramah anak di SD Islam Plus Muhajirin Gebangsari, Genuk, Kota Semarang.
Pendekatan penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dimana peneliti membuat deskripsi atau gambaran secara sistematis, faktual dan akurat dengan kata-kata mengenai fakta- fakta atau fenomena yang diteliti. Hasil data yang didapatkan berdasarkan teknik pengumpulan data berupa hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian hasil penelitian tersebut dianalisis dalam bentuk uraian deskriptif.
Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi sekolah ramah anak (pelaksanaannya di SD Islam Plus Muhajirin, Gebangsari, Genuk, Kota Semarang) yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi hasil pembelajaran. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan implementasi sekolah ramah anak di sd Islam Plus Muhajirin masih kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; pembelajaran; Sekolah Ramah Anak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 25 Jun 2022 02:19
Last Modified: 25 Jun 2022 02:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16281

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics