Pesan amar ma’ruf nahi munkar dalam film “Insyaallah Sah 2”

Nurhayati, Siti (2021) Pesan amar ma’ruf nahi munkar dalam film “Insyaallah Sah 2”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401026130_SITI NURHAYATI_SKRIPSI Lengkap.pdf] Text
1401026130_SITI NURHAYATI_SKRIPSI Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Amar ma’ruf nahi munkar merupakan persoalan yang cukup menarik untuk dikaji secara terperinci agar masyarakat tidak multitafsir dalam memahami konsep amar ma’ruf nahi munkar, mengajak kepada kebaikan dan menyeru untuk tidak mengerjakan perbuatan mungkar. Melalui film yang mengandung fungsi hiburan, amar ma’ruf nahi munkar dikemas dengan drama komedi sehingga masyarakat selaku penonton akan terhibur ketika menyaksikan film tersebut, sehingga unsur aktifitas dakwah mempermudah masuknya informasi atau pesan yang disampaikan. Dalam film Insyaallah Sah 2 ini mencoba memvisualisasikan sosok Raka dengan menjalankan amar ma’ruf nahi munkar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pesan amar ma’ruf nahi munkar dalam film “Insyaallah Sah 2” yang bernuansa humoris. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, untuk menganalisis, peneliti menggunakan pendekatan Analisis isi Krippendorff. Tahap analisis isi Krippendorff yang digunakan peneliti ada empat, yaitu Unitizing (pengunitan), sampling, recording (perekaman), dan narrating (hasil/penafsiran). Melalui penelitian ini diperoleh hasil yang menunjukkan amar ma’ruf nahi munkar yang terdapat dalam film “Insyaallah Sah 2”, diantaranya : pertama mengucapkan salam, kedua Mengingatkan shalat, ketiga terkait Pernikahan, keempat pelukan, kelima Perkelahian, keenam terkait ancaman,dan terakhir Hamil diluar Nikah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Dakwah; Pesan Moral dalam Film
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 25 Jun 2022 02:40
Last Modified: 25 Jun 2022 02:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16285

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics