Analisis makna sedekah dalam iklan Gojek dan Royco

Suhartini, Nur Rohmah (2021) Analisis makna sedekah dalam iklan Gojek dan Royco. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401026137_Nur Rohmah Suhartini_SKRIPSI Lengkap.pdf] Text
1401026137_Nur Rohmah Suhartini_SKRIPSI Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Akhir-akhir ini perkembangan iklan begitu pesat dan marak bermunculan baik itu dalam media cetak, elektronik, media online maupun media luar ruang. Iklan mengandung pesan komunikasi yang mudah diingat dan dipahami oleh setiap orang yang membaca, melihat, dan mendengarnya. Pesan yang terdapat dalam iklan secara mental tersimpan dalam memori atau benak setiap orang dengan hanya melihat visualisasinya atau mendengar yang terdapat pada iklan tersebut. Iklan Go-jek versi “Berbagi Nyaman Bersama Go-life” dan iklan Royco X Bango versi “Satu Masakan Satu Kebaikan” merupakan salah iklan yang mengandung pesan dan makna, sehingga perlu dianalis perihal makna dalam iklan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan makna sedekah di dalam iklan Go-jek versi “Berbagi Nyaman Bersama Go-life” dan iklan Royco X Bango versi “Satu Masakan, Satu Kebaikan”. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna yang terdapat dalam iklan Go-jek versi “Berbagi Nyaman Bersama Go-life” dan iklan Royco X Bango versi “Satu Masakan, Satu Kebaikan” ini mengarah pada ajakan sedekah pada penonton yang melihat iklan tersebut. Sedekah dalam iklan tersebut berupa memberikan donasi dengan melalui fitur go-life yang ada di go-jek. Kemudian makna sedekan juga digambarkan melalui perilaku memberikan makanan kepada saudara lain yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sedekah; Amalan Islam; Muamalah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 25 Jun 2022 02:56
Last Modified: 25 Jun 2022 02:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16288

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics