Makna pesan dakwah dalam buku kumpulan puisi Aku Manusia KH. A. Mustofa Bisri

Hidayah, Naeli (2021) Makna pesan dakwah dalam buku kumpulan puisi Aku Manusia KH. A. Mustofa Bisri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026018_Naeli Hidayah_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1501026018_Naeli Hidayah_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Makna Pesan Dakwah Dalam Kumpulan Puisi Aku Manusia KH. A. Mustofa Bisri. Antologi puisi Aku Manusia karya A. Mustofa Bisri sebagai objek material dalam penelitian ini. Buku kumpulan puisi “Aku Manusia” ini di tulis oleh KH.A. Mustofa Bisri dan diterbitkan oleh CV. Mata Air Indonesia pada tahun 2016, terdapat 128 halaman dan 46 judu puisi dengan tema besarnya Aku Manusia. Penelitian ini kualitatif deskriptif, dan menggunakan metode semiotika. Untuk mengkaji makna pesan dakwah yang ada dalam puisi tersebut. Data primer yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah buku kumpulan puisi “AKU MANUSIA” Karya Ahmad Mustofa Bisri, Sedangkan data sekundernya ialah data tertulis yang berhubungan dengan tema yang bersangkutan, antara lain adalah buku-buku, riset kepustakaan (library reseach), jurnal, dan skripsi. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk memaknai pesan dakwah dalam buku kumpulan puisi “Aku Manusia” karya Ahmad Mustofa Bisri. Hasil penelitian ini mengungkapkan makna pesan dakwah dalam puisi ini banyak nasihat untuk para pembaca dan menjadi contoh tutunan dalam jalan berdakwah para Da’I . Nasihad dalam puisi ini untuk menginggatkan kita, siapa kita, dimana kedudukan kita sebagai mahluk, dan mengingatkan kita dengan ironi yang cukup menampar kita sebagai manusia. Sehingga kita paham akan tujuan hakikat manusia di ciptakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Dakwah; Alat Dakwah; Puisi dan Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 25 Jun 2022 06:55
Last Modified: 25 Jun 2022 06:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16304

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics