Upaya guru pendidikan agama islam dalam membina akhlak siswa melalui pembelajaran daring di MTs Miftahul Ulum Latak Kec. Godong

Khotimah, Chusnul (2021) Upaya guru pendidikan agama islam dalam membina akhlak siswa melalui pembelajaran daring di MTs Miftahul Ulum Latak Kec. Godong. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016208_CHUSNUL_KHOTIMAH] Text (SKRIPSI_1603016208_CHUSNUL_KHOTIMAH)
1603016208_Chusnul khotimah_Full Skripsi - Onewithchusnul.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa melalui pembelajaran daring di MTs Miftahul Ulum Latak, kec. Godong. Kajiannya dilatar belakangi oleh berubahnya sistem pendidikan dikarenakan pandemi yang terjadi di awal tahun 2020, dimana pendidikan yang biasanya dilakukan dengan tatap muka, untuk tahun ini dilakukan secara daring atau online. Berkaitan dengan itu, ditemukannya kebiasaan siswa yang kurang mencerminkan akhlak yang baik, dimana para siswa masih sering mengabaikan kedisiplinan baik berupa terlambat dalam mengikuti pembelajaran, kurang sopan terhadap guru, atau orangtua.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa melalui pembelajaran daring di MTs Miftahul Ulum Latak, kec. godong di tahun 2020. Permasalahan tersebut dilaksanakan melalui study lapangan di MTs Mifatahul Ulum melalui kepala sekolah dan guru PAI, yang menjadi sumber data untuk mendapatkan potret Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa melalui pembelajaran daring. Datanya diperoleh dengan wawancara mendalam, observasi dan study dokumentasi. Semua data dianalisis menggunakan data kualitatif deskriptif analisis yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil wawancara.
Kajian ini menunujukkan bahwa : Peran guru dalam membina akhlak siswa melalui beberapa metode yang releven, untuk digunakan metode tersebut yaitu pembiasaan dan keteladanan. Metode pembiasaan dilaksanakan melalui program rutinitas harian yang menjadikan siswa terbiasa untuk melakukan hal-hal positif dari pembentukan akhlak yang dilakukan disekolah dan dilakukan di rumah masing-masing siswa.
Peran guru dalam membina akhlak siswa sudah baik. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, guru Pendidikan Agama Islam, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan islam; akhlak; pembelajaran daring
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 25 Jun 2022 07:37
Last Modified: 25 Jun 2022 07:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16308

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics