Penentuan arah kiblat dengan Line Laser Level

Kalsum, Umi (2021) Penentuan arah kiblat dengan Line Laser Level. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702046019_LENGKAP] Text (SKRIPSI_1702046019_LENGKAP)
1702046019_Umi Kalsum_Full SKripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Line Laser Level bukanlah sebuah alat khusus yang dibuat untuk menentukan arah kiblat. Alat ini umumnya digunakan dalam bidang ilmu ukur tanah, digunakan untuk membuat saluran irigasi maupun digunakan untuk menentukan sudut dari sebuah ruangan. Namun, alat ini memiliki komponen-komponen sebuah alat yang bisa digunakan sebagai alat dalam menentukan arah kiblat. Yakni memiliki skala derajat hingga 360⁰ dan dapat diputar secara azimuth. Dengan menggunakan bantuan sinar matahari Line Laser Level dapat digunakan sepanjang hari dan dapat dijadikan alat bantu dalam menentukan arah kiblat setiap saat, menggunakan rumus selisih azimuth kiblat dan azimuth matahari. Line Laser Level memiliki laser vertikal dan horizontal yang dapat memancar cukup jauh. Laser yang berfungsi sebagai penunjuk arah kiblat adalah laser vertikal
Fokus permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah, bagaimana penggunaan Line Laser Level dalam penentuan arah kiblat serta bagaimana tingkat akurasi dari penggunaan Line Laser Level sebagai alat penentu arah kiblat. Dengan fokus permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Line Laser Level dapat digunakan sebagai alat penentu arah kiblat serta sejauhmana akurasinya dalam mengukur arah kiblat.
Jenis penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif yang berbasis pada observasi lapangan. Dikarenakan poin penting dari penelitian ini adalah pembuktian dari akurasi Line Laser Level untuk digunakan sebagai alat ukur kiblat. Azimuth kiblat dan azimuth matahari berperan sebagai data primer, dan untuk data skunder diambil dari buku, jurnal maupun makalah yang berkaitan dengan penelitian. Data-data tersebut dikumpulkan dengan metode observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif dengan tolak ukur masjid-masjid yang sudah teruji keakuratannya.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan penting. Pertama, algoritma perhitungan arah kiblat dengan Line Laser Level dapat digunakan setiap saat, sepanjang adanya cahaya matahari dan menggunakan nilai beda azimuth seperti Istiwa’ain karya Slamet Hambali. Kedua, akurasi dari Line Laser Level cukup akurat, hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian terhadap beberapa masjid yang telah lurus shaf dan bangunannya ke arah kiblat, dan ditemukan keselarasan antara keduanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penentuan Arah Kiblat; Line Laser Level; Azimuth; Kiblat
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 16 Jul 2022 12:54
Last Modified: 16 Jul 2022 12:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16309

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics