Pengembangan e-handout berbasis soal higher order thinking skills (HOTS) pada materi sel

Fajriyah, Iin Ni’matul (2022) Pengembangan e-handout berbasis soal higher order thinking skills (HOTS) pada materi sel. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708086068_Iin_Nimatul_Fajriyah] Text (Skripsi_1708086068_Iin_Nimatul_Fajriyah)
Skripsi_1708086068_Iin_Nimatul_Fajriyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Paradigma pembelajaran abad 21 menjadi tantangan besar bagi bangsa Indonesia dimana pada abad tersebut menekankan keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunikasi, kolaborasi serta kemampuan literasi digital. Keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) diimplementasikan dalam tujuan pembelajaran dengan didukung oleh peran teknologi pendidikan. Teknologi digital memudahkan proses pembelajaran serta peningkatan kinerja melalui perencanaan, pengembangan dan pengelolaan sumber daya secara tepat dalam proses pembelajaran. Bahan ajar pada perangkat android dapat disajikan dengan berbagai bentuk aplikasi yang menarik, seperti buku digital, permainan digital dan bentuk aplikasi lain yang memuat materi pembelajaran dan latihan dalam menyelesaikan permasalahan terkait materi. E-handout berbasis soal HOTS diterapkan pada materi biologi untuk membantu siswa dalam mengerjakan kan soal berbasis HOTS dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan karakteristik dan membuktikan kelayakan bahan ajar e-handout berbasis soal HOTS pada materi sel.
Penelitian ini menggunakan metode Researsh and Development dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel 1974 dengan sampel uji coba produk skala terbatas pada 8 siswa XI MIPA yang diambil secara acak dan uji coba produk skala luas pada 30 siswa kelas XI MIPA pada kelas yang berbeda. Produk pengembangan berupa e-handout dengan evaluasi soal berbasis HOTS yang dapat diakses secara online pada media android. Hasil validasi e-handout berbasis soal HOTS pada materi sel oleh ahli materi, ahli media, ahli bidang HOTS dan tanggapan dari guru biologi memperoleh nilai dengan kategori baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran biologi. Kelayakan yang diperoleh dari dosen ahli media sebesar 92% (sangat layak), kelayakan dari dosen ahli materi 71,43% (layak), hasil validasi dari dosen ahli bidang HOTS terhadap 40 soal evaluasi pada e-handout dapat dikatakan HOTS setelah dilakukan revisi dan masukan dari dosen ahli. Tanggapan peserta didik terkait e-handout berbasis soal HOTS pada materi sel dalam uji coba skala terbatas memperoleh nilai sebesar 93% (sangat tertarik) dan tanggapan dari peserta didik dalam uji coba produk skala luas memperoleh nilai sebesar 86% (tertarik).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; E-handout; Higher Order Thinking Skills (HOTS); Sel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jun 2022 01:13
Last Modified: 29 Jun 2022 01:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16323

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics