Proses produksi program “Great Spirit Ramadhan” di Walisongo TV pada masa pandemi

Ma’luf, Nur Alif (2021) Proses produksi program “Great Spirit Ramadhan” di Walisongo TV pada masa pandemi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026058_Nur Alif Ma'luf_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601026058_Nur Alif Ma'luf_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan zaman saat ini selalu mempengaruhi perkembangan teknologi khususnya televisi yang sampai saat ini masih menjadi sarana informasi dan hiburan tak terkecuali mengenai keagamaan. Telah banyak program yang mengangkat tema religi sebagai sumber informasi maupun pendidikan untuk masyarakat, Walisongo TV merupakan salah satu televisi yang mempunyai visi dan misi yang menjunjung tinggi nilai-nilai Islam di dalamnya, tentunya program-program yang dibawakan tidak lepas dari unsur dakwah dan Islam. Salah satunya program Great Spirit Ramadhan yang ada di setiap bulan Ramadhan, program ini memberikan penjelasan singkat mengenai bulan Ramadhan dan berpuasa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses produksi program Great Spirit Ramdahan dari mulai pra produksi, pengaturan dan latihan, produksi hingga psaca produksi. Skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metodologi deskriptif. Prosedur pemilahan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Strategi analisis yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat bahwa informasi tersebut dinyatakan dalam keadaan yang sebenarnya atau sebagaimana adanya, peneliti mengumpulkan informasi melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Walisongo TV sudah menggunakan standar operasional prosedur yang tetap sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam melaksanakan proses produksi. Penelitian ini menjelaskan bahawa proses produksi program Great Spirit Ramadhan melalui empat tahapan, yaitu pra produksi, pengaturan dan latihan, produksi dan pasca produksi. Walisongo TV sudah menggunakan standar operasional prosedur yang jelas sehingga bisa dijadikan sebagai pedoman. Proses tahapan pra produksi terdiri dari perencanaan, menentukan tema, menentukan da’i, pendanaan dan persiapan alat. Untuk tahap pengaturan dan latihan, kru mengatur seluruh alat pada bagiannya masing-masing kemudian melaksanakan latihan bersama dengan da’i. Proses tahapan produksi kru melaksanakan tugasnya masing-masing dan dipimpin pengarah lapangan untuk memulai tahap produksi. Kemudian yang terakhir adalah pasca produksi, tahapan ini kru melaksanakan evaluasi, editing, pratinjau dan desain gambar mini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Kegiatan Ramadhan; Program TV
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 02 Jul 2022 02:29
Last Modified: 02 Jul 2022 02:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16347

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics