Strategi dakwah persuasif dalam film “Ajari Aku Islam”

Fauziah, Eva (2021) Strategi dakwah persuasif dalam film “Ajari Aku Islam”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026106_EVA FAUZIAH_SKRIPSI LENGKAP.pdf] Text
1601026106_EVA FAUZIAH_SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Film “Ajari Aku Islam” adalah film yang bergendre religi dari sutradara Deni Pusung, film yang diangkat dari kisah nyata dari Jaymes Riyanto yang juga merupakan produser dalam film tersebut. Film ini tayang serentak dibioskop pada 17 Oktober 2019 di 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Singapura. Rating penontong pertujuh hari penayangan adalah 2 juta lebih penonton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dakwah persuasif apa yang digunakan dalam film Ajari Aku Islam dan untuk mengetahui hasil dari dakwah persuasif yang ada dalam film Ajari Aku Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan analisis isi (content analysis). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dengan cara kerja mengumpulkan data, unit analisis dengan mengambil unitisasi, ketegorisasi dan analisis data. Sumber data tersebut juga data asli atau data baru yang diperoleh dari file video atau film Ajari Aku Islam. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dakwah yang ada dalam film Ajari Aku Islam ada tiga, yaitu strategi tilawah, strategi tazkiyah dan strategi ta’lim. Pertama strategi tilawah yaitu bagaimana penyampaian pesan dakwah dengan membaca ayat-ayat Allah SWT, kedua startegi tazkiyah yaitu dengan mensucikan jiwa dari peyakit jiwa, terakhir strategi ta’lim yaitu dengan mengajarkan Al-Qur’an dan al-hikmah. Sedangkan komunikasi persuasif dalam film Ajari Aku Islam dapat dilihat dari, kognitif, afektif dan konatif. Pertama kognitif yaitu bagaiman individu tahu atas objek yang diperkenalkan, kedua afektif yaitu dimana individu mempunyai kecenderungan suka dengan objek yang diperkanalkan, terkahir konatif yaitu individu melakukan prilaku yang sudah sampai tahap melakukan sesuatu tindakan terhadap objek yang diperkenalkan, implementasi dalam film Ajari Aku Islam persuasif yang dimaksud adalah seorang non muslim yang tahu tentang Islam, menyukai adzan dan memutuskan menjadi seorang mualaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Dakwah; Alat Dakwah; Film Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
700 The arts > 770 Photography and photographs > 777 Cinematography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 02 Jul 2022 07:03
Last Modified: 02 Jul 2022 07:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16356

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics