Teknik penyampaian pesan dakwah polisi Herman Hadi Basuki melalui Channel Youtube Polisi Motret

Wahyuni, Sri Dwi (2021) Teknik penyampaian pesan dakwah polisi Herman Hadi Basuki melalui Channel Youtube Polisi Motret. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026132_SRI DWI WAHYUNI_SKRIPSI LENGKAP.pdf] Text
1601026132_SRI DWI WAHYUNI_SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Herman Hadi Basuki atau akrab dengan panggilan Pak Bhabin merupakan seorang polisi berpangkat Brigadir Kepala (Bripka) yang bertugas di Sub Humas di Polres Purworejo dan merupakan seorang youtuber yang membuat channel bernama Polisi Motret. Channel tersebut berisi video-video yang memberikan informasi kepada masyarakat namun dikemas dengan komedi dan disertai pesan-pesan yang bermuatan Islam. Herman Hadi Basuki sendiri tampil dalam setiap videonya sebagai pemeran utama yang memberi informasi serta pesan-pesan dakwah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik penyampaian pesan dakwah polisi Herman Hadi Basuki di channel youtube Polisi Motret. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yang digunakan diambil dari 9 video di channel youtube Polisi Motret. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa teknik penyampaian pesan dakwah polisi Herman Hadi Basuki di channel youtube Polisi Motret berupa audio meliputi tata suara (ilustrasi musik, sound effect), dan visual meliputi adegan, lokasi, dan teknik pengambilan gambar. Adapun teknik penyampaian pesan dakwah polisi Herman Hadi Basuki melalui channel youtube Polisi Motret menggunakan teknik persuasif yaitu teknik mengubah atau mempengaruhi pendapat atau perilaku seseorang dengan menggunakan manipulasi psikologis sehingga orang tersebut bertindak atas kehendaknya sendiri. Terdapat lima teknik persuasif yang digunakan yaitu teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik pay off, teknik fear arousing, dan teknik icing. Dari pemaparan analisis mengenai teknik penyampaian pesan dakwah polisi Herman Hadi Basuki bahwa ia memiliki ciri khas tersendiri dalam menyampaikan pesan yang mengandung muatan Islam sehingga dapat menjadi sebuah pembelajaran untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Dakwah; Alat Dakwah; YouTube
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.22 Kinds of communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 02 Jul 2022 07:28
Last Modified: 02 Jul 2022 07:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16360

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics