Upaya peningkatan kualitas modal sosial dalam bidang ekonomi melalui pelatihan koperasi dan UMKM : studi di Balatkop dan UMKM Kota Semarang

Sayekti, Riky Putra (2020) Upaya peningkatan kualitas modal sosial dalam bidang ekonomi melalui pelatihan koperasi dan UMKM : studi di Balatkop dan UMKM Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1506026065_Riky_Putra_Sayekti] Text (Skripsi_1506026065_Riky_Putra_Sayekti)
Skripsi_1506026065_Riky_Putra_Sayekti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dalam upaya peningkatan kualitas modal sosial dalam bidang ekonomi, sebuah organisasi memiliki peran yang sangat penting sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, serta pengetahuan setiap individu yang ada di Balatkop dan UMKM serta bagi para peserta yang mengikuti progam pelatihan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang upaya peningkatkan kualitas modal sosial dalam bidang ekonomi melalui Balatkop dan UMKM di Srondol Kulon Kecamatan Banyumanik Kota Semarang serta faktor-faktor yang mempengaruhi upaya peningkatan kualitas modal sosial dalam bidang ekonomi melalui Balatkop dan UMKM.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, metode penelitian kualitatif yaitu suatu penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam mengenai suatu kejadian yang terjadi. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi mendalam kepada informan kunci. Dan untuk teknik analisis data yang dilakukan dengan melalui pengumpulan data, reduksi data, verifikasi data, serta penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil dari penelitian yang menunjukan bahwa upaya peningkatan kualitas modal sosial dalam bidang ekonomi melalui Balatkop dan UMKM di Srondol Kulon Kecamatan Banyumanik Kota Semarang telah berjalan sejak awal tahun 2020 melalui Hetero Space/Coworking Space dan dengan melakukan revitalisasi pada Balatkop dan UMKM secara fisik maupun secara pelatihan, yang memberikan pelatihan berjenjang atau pendampingan.

ABSTRACT:
In an effort to improve the quality of social capital in the economic field, organizations have a very important role as a forum for increasing the abilities, skills and knowledge of each individual at Balatkop and UMKM as well as for participants who have participated in the training program provided. This study aims to analyze the efforts to improve the quality of social capital in the economic sector through Balatkop and UMKM in Srondol Kulon Regency, Banyumanik District, Semarang City and the factors that influence efforts to improve the quality of social capital in the economic sector through Balatkop and UMKM.
The research method used in this study uses qualitative research methods, qualitative research methods, namely a study to describe and analyze in depth about an event that occurred. In this study, data collection techniques were carried out by means of observation, interviews, and in-depth documentation to key informants. And data analysis techniques are carried out through data collection, data reduction, data verification, and drawing conclusions.
Based on the results of research showing that efforts to improve the quality of social capital in the economic sector through Balatkop and UMKM in Srondol Kulon, Banyumanik District, Semarang City, have been running since early 2020 through Hetero Space / Coworking Space and with the revitalization of Balatkop and UMKM both physically and by providing training, tiered training and mentoring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modal sosial; Pelatihan koperasi; Usaha Mikro Keci dan Menengah; UMKM; Balatkop
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Jul 2022 01:24
Last Modified: 04 Jul 2022 01:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16361

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics