Pengaruh dukungan politik kyai terhadap pilihan politik masyarakat Desa Triharjo pada pilkada bupati Sleman tahun 2020

Wibowo, Azidane Putra (2021) Pengaruh dukungan politik kyai terhadap pilihan politik masyarakat Desa Triharjo pada pilkada bupati Sleman tahun 2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806016001_Azidane_Putra_Wibowo] Text (Skripsi_1806016001_Azidane_Putra_Wibowo)
Skripsi_1806016001_Azidane_Putra_Wibowo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (934kB)

Abstract

Kampanye merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dalam rangkaian pemilihan umum maupun kepala daerah. Salah satu kegiatan kampanye yang umumnya dilakukan oleh pasangan calon kepala daerah yaitu dengan menyambangi Kyai untuk meminta doa restu serta dukungan politik yang diberikan oleh Kyai kepada mereka. Kegiatan ini dilakukan yaitu dengan tujuan agar para pengikut Kyai yang mereka sambangi mengikuti arahan dari Kyai tersebut yaitu mendukung pasangan calon yang didukung oleh Kyai yang disambangi tersebut. Seperti yang kita ketahui hubungan antara pengikut dan Kyai memiliki hubungan yang sifatnya patronase, sehingga apa yang dikatakan oleh Kyai akan diikuti oleh pengikutnya.
Desa Triharjo merupakan salah satu desa yang terletak di Kabupaten Sleman yang memiliki penduduk mayoritas beragama Islam. Meskipun mayoritas beragama Islam toleransi antar agama dan juga solidaritas antar warga juga sangat tinggi. Dengan penduduk yang mayoritas beragama Islam bukan berarti masyarakat Desa Triharjo memiliki sikap yang cukup fanatik akan agama Islam, tetapi masyarakat Desa Triharjo terkenal dengan karakteristik yang cukup netral dalam urusan keagamaan tetapi cukup patuh terhadap Kyai yang dipandang baik oleh masyarakat desa.
Oleh karena itu realitas ini menarik untuk dikaji lebih jauh, terutama berkaitan dengan apakah faktor Kyai memiliki hubungan yang cukup signifikan dalam mempengaruhi masyarakat dalam menentukan pilihan politiknya ketika Pilkada dan seberapa besar pengaruhnya yang ditimbulkan dari seorang Kyai bagi masyarakat sebelum menentukan pilihan politiknya di Pilkada Kabupaten Sleman tahun 2020.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket yang disebar kepada masyarakat Desa Triharjo Kabupaten Sleman. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori dukungan politik, teori pilihan politik dan teori kekuasaan yang tidak terlihat.
Berdasarkan hasil penelitian yang di dapat dan diolah data menggunakan aplikasi SPSS hasilnya menunjukkan uji regresi linear sederhana dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dukungan politik Kyai terhadap pilihan politik masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari nilai f hitung yaitu sebesar 5,862 dengan tingkat signifikansi yaitu sebesar 0,000 yang berarti hasil output tersebut < 0,05. Serta hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh dukungan politik Kyai terhadap pilihan politik masyarakat desa Triharjo yaitu sebesar 57% sedangkan sisanya 43% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model penelitian yang dilakukan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dukungan politik; Kyai; Pilihan politik; Masyarakat desa; Pilkada
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 324 The political process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:54
Last Modified: 19 Jul 2022 03:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16387

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics