Analisis penerapan google suite for education dalam pembelajaran jarak jauh di Mi Miftahul Akhlaqiyah tahun ajaran 2021/2022

Rohmah, Mushlihah ‘Ainur (2021) Analisis penerapan google suite for education dalam pembelajaran jarak jauh di Mi Miftahul Akhlaqiyah tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096103_Mushlihah ‘Ainur Rohmah_Lengkap] Text (Skripsi_1703096103_Mushlihah ‘Ainur Rohmah_Lengkap)
PGMI-1703096103-Mushlihah _Ainur Rohmah-full skripsi - Ainur rohmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pentingnya penerapan Google Suite for Education di sekolah MI Miftahul Akhlaqiyah dalam pembelajaran jarak jauh menjadi salah satu upaya untuk mencapai efektivitas pendidikan melalui pemberian layanan pendidikan yang lebih inovatif dan komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan dan dampak google suite for education dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang sifatnya deskriptif. Teknik pengambilan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan cara semua data diananlisis dengan cara reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran jarak jauh menggunakan google suite for education dirasa efektif, (1) penerapan google suite for education dalam pembelajaran jarak jauh di MI Miftahul Akhlaqiyah adalah menggunakan layanan Google Classroom untuk mengelola kegiatan pembelajaran daring,Google forms untuk mengadakan kuis dan soal ujian, dan Google Meet untuk vidio conferance. (2) Dampak penerapan google suite for education: a.bagi guru; menghilangkan kekurang pahaman guru terhadap teknologi, memudahkan guru dalam menyelesaikan kegiatan administrasi, memudahkan guru dalam menyimpan data dengan lebih terstruktur, memudahkan guru dalam berbagi data dan informasi, b.bagi wali murid; memudahkan wali murid dalam memantau progres siswa, c.bagi siswa; memudahkan belajar dirumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Google suite for education; Pembelajaran jarak jauh
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:43
Last Modified: 21 Jul 2022 06:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16404

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics