Pengaruh model pembelajaran team quiz terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa materi ekosistem kelas V MI NU 53 Turunrejo Brangsong Kendal

Fitrianasari, Putri (2021) Pengaruh model pembelajaran team quiz terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa materi ekosistem kelas V MI NU 53 Turunrejo Brangsong Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096111_Putri Fitrianasari_Full] Text (Skripsi_1703096111_Putri Fitrianasari_Full)
1703096111_Putri Fitrianasari_Full Skripsi - Putri Fitrianasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Model pembelajaran team quiz berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif siswa materi ekosistem kelas V MI NU 53 Turunrejo Brangsong Kendal. Penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental, yang dilaksanakan di MI NU 53 Turunrejo Brangsong Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI NU 53 Turunrejo sebanyak 25 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh dari populasi yaitu kelas V yang berjumlah 25 siswa.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Metode tes yaitu pretest dan posttest serta metode observasi atau pengamatan secara langsung. Sebelum diberikan perlakuan berupa Model pembelajaran team quiz sampel diuji normalitas dengan menggunakan nilai pretest. Kemudian sampel diberikan perlakuan berupa Model pembelajaran team quiz dan dilakukan uji normalitas, uji perbedaan rata-rata dan uji korelasi biserial untuk mengetahui hasil penerapan Model pembelajaran team quiz terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif siswa.
Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji t perbedaan rata-rata dan uji korelasi biserial. Setelah peneliti melakukan uji t perbedaan rata-rata dengan hasil thitung = 8,479 dan ttabel = 2,060, maka thitung > ttabel yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara Kemampuan Berpikir Kreatif sebelum penerapan Model pembelajaran team quiz dan sesudah penerapan Model pembelajaran team quiz. Hal ini sesuai dengan pehitungan koefisien biserial yang diperoleh hasil rhitung = 0,909 dan rtabel = 0,380, maka rhitung > rtabel yang artinya terdapat korelasi antara penerapan Model pembelejaran team quiz terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan Model pembelajaran team quiz terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif siswa materi Ekosistem kelas V MI NU 53 Turunrejo Brangsong Kendal.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah terutama dalam menerapkan Model pembelajaran yang baik dan tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran team quiz; Berpikir kreatif; Ekosistem
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:23
Last Modified: 21 Jul 2022 07:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16407

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics