Pengaruh penggunaan media puzzle terhadap keterampilan menulis karangan pada pembelajaran tematik siswa kelas IV MI Sabilul Ulum Mayong Jepara

Husna, Lina (2022) Pengaruh penggunaan media puzzle terhadap keterampilan menulis karangan pada pembelajaran tematik siswa kelas IV MI Sabilul Ulum Mayong Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703096119_LINA HUSNA_FULL] Text (SKRIPSI_1703096119_LINA HUSNA_FULL)
1703096119_LINA HUSNA_FULL SKRIPSI - Lina Husna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kesulitan menulis karangan pada pembelajaran tematik di kelas IV MI Sabilul Ulum Mayong Jepara. Hal ini dikarenakan tidak adanya penggunaan media pembelajaran sehingga siswa tidak memahami konsep pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media puzzle berpengaruh terhadap pemahaman konsep menulis karangan di kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di MI Sabilul Ulum dengan subjek penelitian sebanyak 43 siswa yang terbagi dalam 2 kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment dengan bentuk desain Control-Group Pretest-Posttest Design.
Dalam uji hipotesis penelitian menggunakan uji korelasi biserial diperoleh thitung = 14,9 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 sebesar 2,105, maka rhitung>rtabel yang artinya terdapat korelasi antara penerapan media komik terhadap pemahaman konsep siswa. Berdasarkan perhitungan di atas, ternyata harga t hitung lebih besar dari pada t tabel pengganti (14,9 > 2,105). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, jadi kesimpulannya terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan pada pembelajaran tematik setelah penggunaan media puzzle siswa kelas IV MI Sabilul Ulum Mayong Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media puzzle; Keterampilan menulis karangan; Pembelajaran tematik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Jul 2022 08:06
Last Modified: 21 Jul 2022 08:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16409

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics