Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap pemahaman materi SKI wafatnya Rasulullah SAW kelas V di MI NU 53 Turunrejo Brangsong Kendal

Noormawati, Novia (2021) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap pemahaman materi SKI wafatnya Rasulullah SAW kelas V di MI NU 53 Turunrejo Brangsong Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096124_Novia Noormawati_Full] Text (Skripsi_1703096124_Novia Noormawati_Full)
1703096124_Novia Noormawati_Full Skripsi - Novia Noormawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap pemahaman materi SKI wafatnya Rasulullah SAW di MI NU 53 Turunrejo Brangsong Kendal. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-Eksperimental dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes tertulis yaitu pretest dan posttest. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata dan analisis pengaruh dua variabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap pemahaman materi siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji perbedaan rata-rata dengan uji t diperoleh t_hitung = 7,525 dan t_tabel = 2,060, maka t_hitung > t_tabel yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada siswa sebelum diterapkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan sesudah diterapkannya penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap pemahaman materi SKI wafatnya Rasulullah SAW dikelas V MI NU 53 Turunrejo Brangsong Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray; Materi SKI; Wafatnya Rasulullah SAW
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Jul 2022 08:17
Last Modified: 21 Jul 2022 08:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16410

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics