Pengaruh modal, luas lahan, dan teknologi terhadap taraf produktivitas usaha tani padi dalam perspektif Islam : studi kasus Desa Tegal Waton Kecamatan Tangeran Kabupaten Semarang

Maeda, Zelika (2021) Pengaruh modal, luas lahan, dan teknologi terhadap taraf produktivitas usaha tani padi dalam perspektif Islam : studi kasus Desa Tegal Waton Kecamatan Tangeran Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505026064__Zelika-Maeda] Text (Skripsi_1505026064__Zelika-Maeda)
Skripsi_1505026064__Zelika-Maeda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Potensi dan kekayaan yang berlimpah serta tanah yang subur yang dimiliki negara kita sangat memungkinkan untuk pengembangan pertanian. Untuk itu perlu diciptakan suasana kemasyarakatan yang mendukung citacita pembangunan, serta terwujudnya kreatifitas dan aktivitas dikalangan masyarakat.Alasan menempatkan sektor pertanian pada skala prioritas utama yaitu, sebagian besar penduduk bekerja disektor pertanian yang merupakan golongan berpendapatan rendah. Di Desa Waton Kecamatan Tangeran Kabupaten Semarang, sektor pertanian memiliki kontribusi perihal ekonomi penduduknya. Kontribusi sektor pertanian cukup tinggi, mengingat geografis Desa Waton cukup subur untuk pemberdayaan usaha di bidang tanaman padi.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memperoleh uraian yang lebih mendalam mengenai bagaimana pengaruh modal, luas lahan dan teknologi terhaddap taraf produktivitas usaha tani padi. Dan selanjutnya dikaji pengaruh sesuai perspektif Islam.
Pada penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner. Sedangkan untuk teknik analisis penelitian ini menggunakan teknik deskripsi serta teknik analisis berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Modal tidak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Taraf Produktivitas Petani Padi. (2) Luas Lahan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Taraf Produktivitas Petani Padi. (3) Teknologi secara simultan berpengaruh positif terhadap Taraf Produktivitas Petani Padi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modal; Luas lahan; Teknologi; Produktivitas; Usaha tani; Padi; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture > 633 Field and plantation crops
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:54
Last Modified: 22 Jul 2022 07:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16415

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics