Pengembangan e-LKPD berbasis self regulated learning menggunakan google classroom pada materi Termokimia

komala, Fita (2021) Pengembangan e-LKPD berbasis self regulated learning menggunakan google classroom pada materi Termokimia. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1708076008_Fita komala_Lengkap] Text (Skripsi_1708076008_Fita komala_Lengkap)
1708076008_Fita komala_Lengkap tugas akhir 1-5 - fita Komala.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan berperan besar terhadap perkembangan dan kemajuan suatu bangsa dan menjadi salah satu upaya masyarakat untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun, adanya pandemi Covid-19 berdampak pada dunia pendidikan sehingga pembelajaran di sekolah mengalami kendala karena proses pembelajaran dilakukan secara daring dan dibutuhkan sumber serta media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis Self Regulated Learning (SRL) dalam memahami konsep kimia khususnya materi termokimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Isman, yaitu Input (masukan), Process (proses), Output (keluaran), Umpan balik, dan Pembelajaran. Pada tahap pembelajaran tidak dilaksanakan karena adanya keterbatasan waktu bagi peneliti. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di MA Al-Khoiriyyah Semarang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis SRL menggunakan Google classroom pada materi termokimia ini valid digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi dari para ahli diperoleh prsentase rata-rata sebesar 86,875% dengan kategori sangat valid. Hasil respon dari guru kimia terhadap kepraktisan penggunaan E-LKPD berbasis SRL sebesar 86,1% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil angket tanggapan peserta didik terhadap kepraktisan E-LKPD berbasis SRL menunjukkan hasil positif dengan presentase rata-rata 84,3% yang termasuk kategori sangat baik atau praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-LKPD; Self regulated learning; Termokimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 543 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Jul 2022 01:50
Last Modified: 23 Jul 2022 01:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16421

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics