Pengembangan LKPD berbasis literasi informasi melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi asam basa

Shaumi, Zia Nujunda (2021) Pengembangan LKPD berbasis literasi informasi melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi asam basa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708076015_Zia Nujunda Shaumi_Lengkap] Text (Skripsi_1708076015_Zia Nujunda Shaumi_Lengkap)
1708076015_Zia Nujunda Shaumi_Full Skripsi - zia nujunda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi karena kurangnya bahan ajar, serta kemampuan literasi informasi di MA Amanatul Ummah 02. Berdasarkan hasil sebaran angket yang diisi oleh beberapa peserta didik MA Amanatul Ummah 02 menunjukan bahwa sebanyak 76,5% peserta didik menggunakan internet sebagai sumber belajar. Namun, sebanyak 64,7% peserta didik menyatakan belum bisa memilih sumber belajar yang valid dan relevan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKPD berbasis literasi informasi melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi asam basa serta mengetahui kelayakan, respon peserta didik dan guru terhadap LKPD yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluation. Penelitian pengembangan ini dilakukan sampai tahap pengembangan, dikarenakan keterbatasan waktu penelitian. Bahan ajar yang dihasilkan berupa LKPD yang berisi materi asam basa serta kegiatan-kegiatan peserta didik dengan pendekatan inkuiri terbimbing yang disertai dengan link artikel sebagai upaya untuk meningkatkan literasi informasi peserta didik. Kelayakan LKPD dinilai oleh validator ahli. Ketertarikan dan kepraktisan LKPD dinilai oleh respon peserta didik dan guru. Hasil uji validasi oleh ahli sebesar 85% dengan kategori sangat layak. Hasil uji respon peserta didik dan guru mendapatkan kategori sangat tertarik dan sangat praktis dengan persentase berturut-turut sebesar 92% dan 91%. Berdasarkan hasil penilaian, LKPD berbasis literasi informasi melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi asam basa sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: LKPD; Literasi informasi; Inkuiri terbimbing; Asam basa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Jul 2022 02:06
Last Modified: 27 Oct 2022 07:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16422

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics