Korelasi antara motivasi belajar dengan miskonsepsi peserta didik selama pembelajaran jarak jauh di MAN 1 Gresik

Fatikhah, Citra Nur (2021) Korelasi antara motivasi belajar dengan miskonsepsi peserta didik selama pembelajaran jarak jauh di MAN 1 Gresik. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1708076020_Citra Nur Fatikhah_Lengkap] Text (Skripsi_1708076020_Citra Nur Fatikhah_Lengkap)
SKRISPI-CITRA NUR FATIKHAH-1708076020-PENDIDIKAN KIMIA - 30-Citra Nur fatikhah(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang mampu mempengaruhi miskonsepsi. Seorang pendidik harus memastikan peserta didik memiliki tingkat motivasi belajar yang baik untuk meminimalisir terjadinya miskonsepsi pada peserta didik. Namun semenjak pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh beberapa pendidik tidak memberikan penjelasan suatu konsep materi, serta kesulitan dalam mengatur keadaan kelas agar tetap menarik. Hal tersebut dapat menyebabkan menurunnya motivasi belajar serta meningkatkan miskonsepsi pada peserta didik. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar dan tingkat mikonsepsi pada peserta didik XI MIPA 1 MAN 1 Gresik, serta melihat hubungan diantara keduanya. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah pendidik dalam mendeteksi keadaan peserta didik dan menentukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang ada. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat 5,71% peserta didik memiliki tingkat motivasi yang tinggi, 85,71% peserta didik memiliki tingkat motivasi yang sedang, dan 8,57% peserta didik memiliki tingkat motivasi yang rendah, 17,14% peserta didik memiliki tingkat miskonsepsi tinggi, 68,57% peserta didik memiliki tingkat miskonsepsi sedang, serta 14,28% peserta didik memiliki tingkat miskonsepsi rendah. Analisis korelasi motivasi belajar dengan miskonsepsi peserta didik diperoleh nilai signifikan sebesar 0,023,dan nilai korelasi yang dihasilkan yaitu - 0,384. Dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan miskonsepsi peserta didik memiliki hubungan yang negatif, ketika tingkat motivasi belajar peserta didik tinggi maka miskonsepsi peserta didik akan rendah, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; Miskonsepsi; Pembelajaran jarak jauh
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Jul 2022 02:47
Last Modified: 23 Jul 2022 02:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16426

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics