Hubungan antara pemahaman kitab akhlāq li al-banīn dan sikap peduli sosial santri Madrasah Diniyah Miftahul ‘Ulum Gombong Belik Pemalang

Fitriana, Ainun (2021) Hubungan antara pemahaman kitab akhlāq li al-banīn dan sikap peduli sosial santri Madrasah Diniyah Miftahul ‘Ulum Gombong Belik Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016071_AINUN_FITRIANA] Text (SKRIPSI_1703016071_AINUN_FITRIANA)
1703016071_AINUN FTRIANA_LENGKAP TUGAS AKHIR - ainun fitriana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perubahan sikap pada anak dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari luar maupun dari dalam anak itu sendiri. Dalam hal ini, kitab Akhlāq Li al-Banīn yang merupakan kitab yang menjelaskan akhlak atau tata cara bersikap, berbuat, dan bersosialisasi dengan masyarakat menjadi salah satu pendorong seorang anak untuk memiliki akhlak yang mulia, salah satunya yaitu memiliki sikap peduli sosial. Untuk dapat mengimplementasikan sikap peduli sosial dengan baik, seorang anak harus memahami isi dari kitab tersebut yang mengajarkan beberapa sikap peduli sosial terhadap orang lain. Dari hal tersebut, memunculkan pertanyaan apakah ada hubungan antara pemahaman kitab Akhlāq Li al-Banīn dan sikap peduli sosial santri Madrasah Diniyah Miftahul ‘Ulum Gombong Belik Pemalang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa tes dan angket dan jumlah responden sebanyak 34 santri kelas 3 dan 4 MDA (Madrasah Diniyah Awaliyah) berdasarkan rekomendasi dari pihak madrasah.
Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata variabel pemahaman kitab Akhlāq Li al-Banīn santri Madrasah Diniyah Miftahul ‘Ulum Gombong Belik Pemalang adalah 79,9 dan termasuk dalam kategori baik yaitu pada interval 72,4 – 87,3. Sedangkan rata-rata variabel sikap peduli sosial santri Madrasah Diniyah Miftahul ‘Ulum Gombong Belik Pemalang adalah 61,9 dan termasuk dalam kategori baik yaitu pada interval 58,9– 64,8. Kemudian hasil perhitungan dalam uji hipotesis yang menggunakan teknik analisis korelasi product moment menunjukkan hasil rxy sebesar 0,875 > rtabel 0,339 dan analisis pada uji t menunjukkan hasil thitung 9,507 > ttabel 2,036 artinya bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman kitab Akhlāq Li al-Banīn dan sikap peduli sosial santri Madrasah Diniyah Miftahul ‘Ulum Gombong Belik Pemalang

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Kitab akhlāq li al-banīn; Sikap peduli sosial
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 23 Jul 2022 03:28
Last Modified: 23 Jul 2022 03:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16436

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics