Studi analisis metode penentuan arah kiblat menggunakan Azimuth bintang Aldebaran

‘Ulum, Muhammad Bachrul (2021) Studi analisis metode penentuan arah kiblat menggunakan Azimuth bintang Aldebaran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of 1702046075_MUHAMMAD BACHRUL ULUM_SKRIPSI LENGKAP] Text (1702046075_MUHAMMAD BACHRUL ULUM_SKRIPSI LENGKAP)
1702046075_Muhammad Bachrul _Ulum_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pada masa sekarang, penentuan arah kiblat tidak hanya menggunakan Matahari atau Bulan, bintang pun bisa dijadikan penentu arah kiblat asalkan mengetahui azimuth bintang tersebut. Penentuan arah kiblat menggunakan bintang sama halnya dengan penentuan arah kiblat menggunakan matahari, yaitu dengan alat yang sama serta data dari benda langit yang menjadi titik acuan untuk selanjutnya dimasukkan kedalam rumus segitiga bola. Salah satunya adalah bintang Aldebaran yang terdapat dalam rasi bintang Taurus. Bintang Aldebaran bisa dijadikan sebagai alternatif penentu arah kiblat di malam hari. Berdasarkan dari uraian di atas, penulis tertarik untuk mencoba meneliti dan menganalisis bintang Aldebaran sebagai penentu arah kiblat serta akurasinya.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana metode penentuan arah kiblat menggunakan azimuth bintang Aldebaran dan bagaiamana pula tingkat keakurasian metode penentuan arah kiblat menggunakan bintang Aldebaran.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang termasuk kedalam penelitian kualitatif. Data primernya diambil dari hasil observasi di lapangan. Data sekunder diperoleh dari buku Almanak Nautika atau dari aplikasi Nautical Almanac serta dari studi dokumen-dokumen berupa buku-buku seputar arah kiblat sebagai pendukung dari data primer. Metode pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi, sedangkan metode analisisnya menggunakan analisis komparatif yang bertujuan untuk menguji keakuratan suatu metode baru dalam menentukan arah kiblat menggunakan azimuth bintang Aldebaran dan membandingkannya dengan metode azimuth Matahari.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, Penentuan arah kiblat metode azimuth bintang Aldebaran dapat dijadikan sebagai alternatif pengukuran arah kiblat di malam hari dengan menggunakan alat bantu Theodolite. Kedua, penentuan arah kiblat menggunakan metode azimuth bintang Aldebaran cukup akurat, dikarenakan bintang mempunyai cahaya yang berupa satu titik sehingga memudahkan dalam membidiknya dan pengamat dapat memastikan bahwa titik tersebut berada di tengah-tengah lensa teropong.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah Kiblat; Azimuth; Bintang Aldebaran
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 02 Sep 2022 05:31
Last Modified: 02 Sep 2022 05:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16443

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics