Manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMPN 2 Boja Kendal

Said, Umar (2021) Manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMPN 2 Boja Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1603036101_UMAR SAID_SKRIPSI LENGKAP] Text (1603036101_UMAR SAID_SKRIPSI LENGKAP)
1603036101_Umar Said_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan sarana prasrana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMPN 2 Boja Kendal. 2) Pelaksanaan sarana prasrana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMPN 2 Boja Kendal. 3) Evaluasi sarana prasrana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMPN 2 Boja Kendal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik menganalisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan sarana prasrana dalam meningkatkan mutu pembelajaran sudah direncanakan dengan baik. Diawali dengan mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan sarana dan prasarana pendataan dan menyeleksi kebutuhan sarana dan prasarana, dan menetapkan kebutuhan sarana dan prasarana. (2) Pelaksanaan sarana prasrana dalam meningkatkan mutu pembelajaran sudah terlaksana dengan baik sesuai meliputi : pendistributian sarana prasarana sesuai prosedur yang telah ditetapkan, penggunaan sarana prasarana sesuai dengan manfaat dan kegunaanya, melaksanakan pemeliharaan sarana prasarana agar terjaga dan terawat. (3) Sedangkan evaluasi sarana prasrana dalam meningkatkan mutu pembelajaran sudah berjalan dengan baik yaitu dengan melakukan pengawasan dan pengecekan sarana prasarana dimana waka sarana prasarana melakukan pengecekan setiap hari apa saja yang harus dievaluasi dan diperbaiki apabila sudah tidak dapat diperbaiki maka akan dihapuskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Sarana Prasarana; Mutu Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.6 Gedung dan bangunan sekolah, fasilitas fisik pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 02 Sep 2022 05:40
Last Modified: 02 Sep 2022 05:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16451

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics