Peran keluarga nelayan dalam menanamkan nilai-nilai agama islam pada anak di Morodemak, Bonang, Demak

Wahyuni, Yayuk Try (2021) Peran keluarga nelayan dalam menanamkan nilai-nilai agama islam pada anak di Morodemak, Bonang, Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016095_YAYUK_TRY_WAHYUNI] Text (SKRIPSI_1703016095_YAYUK_TRY_WAHYUNI)
1703016095_Yayuk Try Wahyuni_Full Skripsi-93 - Yayuk Tri Wahyuni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14kB)

Abstract

Keluarga merupakan madrasah pertama bagi seorang anak dalam pembentukan sikap dan perilaku di kehidupannya. Dimana peran orang tua sangat berperan penting dalam pertumbuhannya. Pendidikan keluarga adalah hal satu kesatuan dalam menghimpun pembelajaran yang bertujukan pada nilai moral dalam keluarga. Keluarga dalam perihal ini antara lain ibu, bapak, serta anak yang tidak dapat lepas dalam keluarga harmonis untuk menggapai kehidupan yang lebih baik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan responden dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak yang berada di Desa Morodemak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep, peran dan strategi yang digunakan oleh keluarga nelayan dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada anak di Desa Morodemak.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran keluarga belum terlaksana secara maksimal. Di dalam lingkup keluarga orang tua belum berperan maksimal sebagai madrasah pertama bagi anak-anaknya. Kurangnya perhatian dalam membimbing dan mengawasi pendidikan anaknya disebabkan oleh faktor kesibukan orang tua dalam bekerja. Orang tua hanya bisa memperhatikan perkembangan anak setelah selesai bekerja. Sehingga orang tua lebih memilih sekolah dan pesantren menjadi tempat penanaman nilai-nilai agama yang baik bagi anak

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Keluarga Nelayan; Nilai-Nilai Agama Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 23 Jul 2022 04:43
Last Modified: 23 Jul 2022 04:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16454

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics