Manajemen strategis dalam pengembangan program tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren An Nur Seren Kabupaten Blora

Latifah, Nurul Laili (2021) Manajemen strategis dalam pengembangan program tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren An Nur Seren Kabupaten Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1703036009_Nurul Laili Latifah_Skripsi Lengkap] Text (1703036009_Nurul Laili Latifah_Skripsi Lengkap)
1703036009_Nurul Laili Latifah_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pondok Pesantren An Nur merupakan salah satu Pondok Pesantren di Kabupaten Blora yang mengadakan program tahfiz Al-Qur’an.program tersebut terintegrasi dengan program tahfiz Al-Qur’an yang ada di Mts dan SMK An Nur. Jadi, santri yang ingin melanjutkan hafalannya bisa mengikuti program tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren An Nur. Terdapat kendala yang dialami santri, yaitu membutuhkan waktu lama untuk mencapai target hafalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Manajemen Strategis dalam Pengembangan Program Tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren An Nur Seren Blora. Hasil temuan penelitian: 1) Manajemen strategis, terdapat tiga tahap: a) formulasi strategi: menetapkan target hafalan santri, memberikan pemahaman kepada santri mengenai keutamaan atau manfaat menghafal Al-Qur’an bagi para penghafal Al-Qur’an, meningkatkan kualitas hafalan santri tahfiz Al-Qur’an, dan mengatur waktu dengan baik agar maksimal dalam mengurusi santri tahfiz Al-Qur’an Pondok Pesantren An Nur; b) implementasi strategi: pengembangan program tahfiz Al-Qur’an dilaksanakan sesuai dengan strategi yang telah ditetapkan; dan c) evaluasi strategi: dilakukan melalui pengawasan dan motivasi, serta ujian hafalan. 2) Hasil evaluasi manajemen strategis dalam pengembangan program tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren An Nur belum terlaksana secara efektif dalam hal waktu dan jumlah. Hal ini dikarenakan santri belum bisa mencapai target hafalan yang ditetapkan pondok pesantren. Rata-rata santri dalam sekali setoran menyetorkan hafalan tidak ada satu halaman, sehingga santri membutuhkan waktu lama untuk mencapai hafalan 30 juz. Santri belum bisa mencapai target hafalan dikarenakan mereka sulit membagi waktu antara ikut ndalem, menghafal, muraja’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategis; Pengembangan; Tahfiz Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 02 Sep 2022 05:42
Last Modified: 02 Sep 2022 05:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16457

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics