Analisis kelayakan isi buku siswa fisika untuk SMA/MA Kelas XI Yudhistira edisi revisi

Sadzili, ABD. Rouf Luqman (2021) Analisis kelayakan isi buku siswa fisika untuk SMA/MA Kelas XI Yudhistira edisi revisi. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1403066013_ABD. Rouf Luqman Sadzili_Lengkap] Text (Skripsi_1403066013_ABD. Rouf Luqman Sadzili_Lengkap)
1403066013_ABD.Rouf Luqman Sadzili_Lengkap Tugas Akhir - Abdul Rouf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Buku pelajaran merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam sarana pendidikan. Pemilihan buku pelajaran yang tepat dan berkualitas akan membantu proses pembelajaran lebih optimal. Menurut Assosition for Supervision and Curiculum (1997), sebagaimana dikutip oleh Chen and Chen (2002:2), menyatakan bahwa saat ini buku pelajaran sudah berfungsi sebagai alat, buku panduan, tutor, dan pengukur. Guru harus memperhatikan pemilihan buku pelajaran yang tepat bagi muridnya, karena pemilihan buku yang kurang tepat justru akan menghambat proses pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah triangulasi peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar analisis buku siswa berdasarkan Pedoman Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013. Hasil Penelitian Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Pelajaran Fisika SMA/MA Kelas XI dilakukan terhadap buku teks pelajaran Fisika kelas XI Kurikulum 2013 edisi Revisi dengan aspek kesesuaian KI dan KD serta Kebutuhan siswa 84,3% aspek Subtansi Keilmuan dan Life skill 85,4% aspek Wawasan untuk Maju dan Berkembang 87,5% aspek Kebahasaan 78,1%. Hasil penellitian kelayakan isi dan Bahasa buku teks pelajaran fisika terbitan Yudistira dengan Kurikulum 2013 revisi pada 9 aspek yang dianalisis menunjukkan bahwa buku tersebut sudah layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Buku teks fisika; Analisis kelayakan isi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Jul 2022 06:56
Last Modified: 23 Jul 2022 06:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16459

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics