Analisis buku teks mata pelajaran fisika untuk Sekolah Menengah Atas kelas XI dengan menggunakan instrumen Science Textbook Rating System (STRS) dilihat dari aspek kegiatan laboratorium

Hidayati, Anisa Ulfi (2021) Analisis buku teks mata pelajaran fisika untuk Sekolah Menengah Atas kelas XI dengan menggunakan instrumen Science Textbook Rating System (STRS) dilihat dari aspek kegiatan laboratorium. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1403066014_Anisa Ulfi Hidayati_Lengkap] Text (Skripsi_1403066014_Anisa Ulfi Hidayati_Lengkap)
1403066014_Anisa Ulfi Hidayati_skripsi jadi fix - anisa ulfi(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Laboratorium adalah tempat yang dilengkapi sarana/prasarana serta bahan penunjang kegiatan praktikum guna memperoleh pemahaman konsep yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kesesuaian buku teks fisika SMA kelas XI Kurikulum 2013 berdasarkan kriteria-kriteria yang merujuk pada STRS khususnya pada aspek kegiatan laboratorium (2) mendeskripsikan kualitas buku teks fisika SMA kelas XI Kurikulum 2013 berdasarkan kriteria- kriteria yang merujuk pada STRS khususnya pada aspek kegiatan laboratorium.
Desain penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis) secara kuantitatif dengan pendekatan evaluatif berupaya melakukan deskripsi yang bersifat komparatif yaitu dengan melakukan judgement terhadap buku meliputi aspek yang diteliti. Subjek penelitian ini adalah buku teks mata pelajaran fisika SMA kelas XI meliputi tiga buku teks. Instrumen yang digunakan merujuk pada STRS karya Collete & Chiapetta yang telah dimodifikasi oleh Septiana Karumaningrum yang telah divalidasikan kepada expert judgement dosen. Analisis data untuk mengetahui perbedaan kualitas menggunakan uji chi kuadrat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) buku 1 karya A memiliki tingkat kesesuaian 78 %, buku 2 karya B memiliki tingkat kesesuaian 94%, sedangkan buku 3 karya C memiliki tingkat kesesuaian 96%. (2) buku 1 karya A memiliki kualitas baik, buku 2 karya B dan buku 3 karya C memiliki kualitas sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Buku teks fisika; STRS; Kegiatan laboratorium
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Jul 2022 07:08
Last Modified: 23 Jul 2022 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16460

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics