Motivasi belajar penerima beasiswa mahasiswa produktif Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Semarang di UIN Walisongo

Lestari, Fentika Dwi (2021) Motivasi belajar penerima beasiswa mahasiswa produktif Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Semarang di UIN Walisongo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016110_FENTIKA_DWI_LESTARI] Text (SKRIPSI_1703016110_FENTIKA_DWI_LESTARI)
1703016110_Fentika Dwi Lestari_Lengkap Tugas Akhir - dwi dwi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (739kB)

Abstract

Berbagai komponen yang ada dalam kegiatan pembelajaran seperti guru dan siswa, akan dapat bekerja secara maksimal apabila ada sesuatu yang mendorong mereka agar melakukan hal-hal tersebut, yaitu motivasi. Peran beasiswa disini adalah sebagai pendorong mahasiswa yang berasal dari luar diri mahasiswa yang dapat membantu mahasiswa untuk meningkatkan motivasi mereka dalam belajar sehingga mereka bisa mendapatkan prestasi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa penerima beasiswa BESPRO di UIN Walisongo, serta untuk mengetahui seberapa efektif pemberian beasiswa BESPRO dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa penerima beasiswa BESPRO di UIN Walisongo.
Penelitian ini menggunakan metode Mixed Method, yaitu menggabungkan metode kualitatif dan metode kuantitatif didalam satu penelitian. Adapun metode yang lebih dominan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan sebagai metode pelengkapnya adalah metode kuantitatif.
Narasumber yang terlibat dalam penelitian ini adalah mahasiswa penerima beasiswa BESPRO di UIN Walisongo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Dalam teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan tringulasi dalam pengujian kredibilitas, ini diartikan sebagai pengecekan data dari berbagai sumber dan berbagai cara dan mendapatkan temuan dari interpretasi data yang lebih akurat dan kridibel.
Hasil penelitian ini yaitu mahasiswa penerima beasiswa BESPRO di UIN Walisongo memiliki motivasi belajar yang tinggi, dengan mendapatkan beasiswa BESPRO ini mereka di tuntut untuk mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas rata-rata 3,00. Dengan begitu, mereka merasa terpacu semangat dan motivasi nya untuk mengikuti proses perkuliahan, karena jika IPK yang didapatkan tidak memenuhi persyaratan, yaitu dibawah 3,00 maka beasiswa BESPRO tidak dapat diperpanjang. Maka dari itu mereka selalu mengikuti proses perkuliahan dengan baik, giat belajar, dan selalu aktif dalam mengikuti kegiatan didalam atau diluar kelas. Serta selalu mempersiapkan diri pada saat akan menghadapi ujian agar mendapat nilai yang memuaskan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis, dapat diketahui bahwa dengan diberikannya beasiswa BESPRO ini menjadikan motivasi belajar mahasiswa meningkat dan memberi pengaruh yang positif agar mereka selalu mendapatkan prestasi yang terbaik sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Belajar; dan Beasiswa BESPRO
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 23 Jul 2022 07:19
Last Modified: 23 Jul 2022 07:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16461

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics