Penerapan analisis SWOT sebagai dasar perumusan strategi pemasaran dan strategi bersaing pada UD. Raflesia Furniture Jepara : studi kasus pada UD. Raflesia Furniture Jepara

Hanik, Livia Asma (2021) Penerapan analisis SWOT sebagai dasar perumusan strategi pemasaran dan strategi bersaing pada UD. Raflesia Furniture Jepara : studi kasus pada UD. Raflesia Furniture Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605026017_Livia_Asma_Hanik] Text (Skripsi_1605026017_Livia_Asma_Hanik)
Skripsi_1605026017_Livia_Asma_Hanik.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (991kB)

Abstract

Ada 2 persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yakni Pertama bagaimana analisis SWOT dapat digunakan sebagai dasar dalam perumusan strategi bersaing di UD. Raflesia Furniture Jepara, kedua bagaimana strategi pemasaran dan strategi bersaing di UD. Raflesia Furniture Jepara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan analisis SWOT bisa digunakan sebagai dasar dalam perumusan strategi bersaing pada UD. Raflesia Furniture Jepara di masa pandemi ini dan juga untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dan strategi bersaing di UD. Raflesia Furniture Jepara. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, selanjutnya teknik pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun wawancara yang peneliti lakukan adalah mewawancarai langsung kepada pemilik, UD. Raflesia Furniture Jepara. Analisa data bersifat induktif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian dari penerapan analisis SWOT dikemukakan bahwa, UD. Raflesia Furniture Jepara perlu melakukan pengembangan strategi SO (Strenghts - Opportunities) , ST ( Strengths - Threats ) , WT ( Weaknesses – Threats ) dan juga WO ( Weaknesses – Opportunities ) sehingga bisa mempertahankan posisi kuat saat ini dan nanti.

ABSTRACT:
There are 2 issues studied in this thesis, namely: First, how SWOT analysis can be used as a basis for formulating competitive strategies at UD. Raflesia Furniture Jepara, secondly how is the marketing strategy and competitive strategy at UD. Raflesia Furniture Jepara. The purpose of this study is to find out how the application of SWOT analysis can be used as a basis for formulating competitive strategies at UD. Raflesia Furniture Jepara during this pandemic and also to find out how marketing strategies and competitive strategies are at UD. Raflesia Furniture Jepara. To identify these problems in depth and comprehensively, the method used in this study is a qualitative method, then the data collection techniques used by researchers are interviews, observation and documentation. The interviews that researchers did were interviewing directly to the owner, UD. Raflesia Furniture Jepara. Data analysis is inductive and qualitative research results emphasize meaning rather than generalization. The results of the research from the application of SWOT analysis stated that, UD. Raflesia Furniture Jepara needs to develop strategies for SO (Strengths - Opportunities), ST (Strengths - Threats), WT (Weaknesses - Threats) and also WO (Weaknesses - Opportunities) so that they can maintain a strong position now and in the future.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT; Strategi pemasaran; Strategi bersaing
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:49
Last Modified: 25 Jul 2022 02:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16470

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics