Analisis perilaku konsumtif wanita dengan menggunakan mindring sebagai local wisdom dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus wanita di Desa Klareyan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang

Setiawan, Agung (2021) Analisis perilaku konsumtif wanita dengan menggunakan mindring sebagai local wisdom dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus wanita di Desa Klareyan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026035_Agung_Setiawan] Text (Skripsi_1705026035_Agung_Setiawan)
Skripsi_1705026035_Agung_Setiawan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Banyaknya wanita di desa Klareyan, Petarukan, Pemalang yang menggunakan Tukang kredit barang keliling (mindring) baik itu kredit barang keliling berupa perabotan ibu rumah tangga, fashion (pakaian), perlengkapan rumah, dan lain sebagainya menarik untuk diteliti karena diera modern sekarang justru masih eksis (mindring) dan masih banyak yang menggunakannya bahkan ada yang menjadi langganan tetap.
Masalah dari penelitian ini adalah bagaimana dampak perilaku konsumtif yang dilakukan oleh wanita di desa Klareyan yang menggunakan mindring, bagaimana perilaku konsumtif wanita di desa klareyan dalam menggunakan mindring dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi wanita di desa Klareyan memakai kredit barang keliling(mindring). tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk dapat melihat bagaimana perilaku konsumtif yang dilakukan oleh wanita di desa klareyan dalam menggunakan mindring menurut perspektif ekonomi islam sekaligus dampak yang diakibatkan oleh perilaku tersebut. penelitian ini termasuk penelitiaan lapangan yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. adapun data yang digunakan adalah data primer(utama) dan data sekunder(pembantu). Teknik Pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, pencatatan dan dokumentasi. sebanyak 10 Wanita pemakai kredit barang keliling di desa Klareyan dan 3 narasumber selaku penjual kredit barang keliling untuk mengetahui tentang penjualan kredit barang keliling yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. teknik pengumpulan data menggunkan metode analisis data yaitu deskriptif dan kualitatif.
Berdasarkan uraian diatas peneliti dapat menarik kesimpulan berdasaran hasil penelitian diperoleh bahwa kesimpulan dari perilaku konsumtif wanita dalam menggunakan mindring dilihat dari faktor penyebabnya ada 2 indikator yakni faktor internal seperti mayoritas yang menggun¬¬¬¬akan mindring adalah kalangan menengah kebawah, membantu memperoleh barang tanpa harus ke pasar. Sedangkan faktor eksternal meliputi kemudahan dalam memperoleh barang, ingin diakui dan memiliki barang yang dibutuhkan. Menurut pandangan ekonomi Islam transaksi atau kegiatan kredit barang keliling (mindring) dibolehkan karena adanya unsur suka sama suka dan tidak ada riba atau bunga tambahan atas dasar jatuh tempo, namun perilaku konsumtif yang dilakukan oleh wanita di desa klareyan tidaklah diperbolehkan karena perilaku konsumtif adalah sebagian dari sifat setan. Dampak negatif dari penggunaan (Mindring) yang dilakukan oleh wanita di desa klareyan yaitu: pertama, munculnya rasa stress ketika hari penagihan tiba, kedua sulit untuk menabung demi keinginan lain, dan tentu akan timbul sifat konsumtif. Adapun dampak menurut Islam diantaranya, dibenci Allah, timbulnya rasa malas, dan mempengaruhi dalam segi psikologi kesehatan dalam menjalankan ibadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumtif; Wanita desa; Local wisdom; Mindring; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:35
Last Modified: 27 Jul 2022 01:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16484

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics