Analisis program hisab awal bulan komariah berbasis aplikasi android hp prime dalam buku Ilmu Falak with your calculator karya Ali Mustofa

Maghfiroh, Allif (2020) Analisis program hisab awal bulan komariah berbasis aplikasi android hp prime dalam buku Ilmu Falak with your calculator karya Ali Mustofa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of 1702046087_ALLIF MAGHFIROH_SKRIPSI LENGKAP] Text (1702046087_ALLIF MAGHFIROH_SKRIPSI LENGKAP)
1702046087_ALLIF MAGHFIROH_LENGKAP TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penentuan awal bulan Kamariah menjadi salah satu ruang lingkup pembahasan ilmu falak yang terus hangat diperdebatkan, karena berkaitan dengan ibadah dan hari besar dalam Islam di seluruh dunia baik ibadah puasa Ramadan, Idul Fitri maupun Idul Adha. Perdebatan yang ada disebabkan karena adanya dua sistem, berupa sistem rukyat dan hisab, namun seiring berjalannya waktu kedua sistem tersebut saling mendukung. Bahkan hisab dianggap menjadi langkah yang penting dalam penentuan awal bulan Kamariah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mendukung ilmu falak, dibuktikan dengan munculnya beberapa alat yang bisa dimanfaatkan khususnya dalam proses hisab, salah satunya adalah kemunculan aplikasi android HP Prime yang merupakan aplikasi kalkulator grafik yang bisa dimanfaatkan sebagai kalkulator program untuk menyimpan rumus, sehingga dapat membantu dalam perhitungan awal bulan Kamariah yang diketahui mempunyai rumus yang panjang dan rumit. Salah satu penggiat ilmu falak asal Kediri bernama Ali Mustofa pun mempunyai inisiatif untuk membuat buku berjudul Ilmu Falak With Your Calculator yang berisikan coding pemrograman HP Prime, yang mengacu pada algoritma kontemporer yakni metode Tsimarul Murid, serta dalam metode ini data Matahari dan Bulan didapatkan langsung dalam proses perhitungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program hisab awal bulan Kamariah berbasis aplikasi android HP Prime dalam buku Ilmu Falak With Your Calculator karya Ali Mustofa, dan bagaimana keakurasian program hisab awal bulan Kamariah berbasis aplikasi android HP Prime dalam buku Ilmu Falak With Your Calculator karya Ali Mustofa.
Penelitian ini termasuk penelitian library research (kepustakaan) dan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang penulis dapatkan berasal dari hasil wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis melakukan penggambaran terhadap program hisab awal bulan Kamariah berbasis aplikasi android HP Prime dalam buku Ilmu Falak With Your Calculator karya Ali Mustofa, kemudian menguji keakurasian program tersebut dengan melakukan komparasi antara hasil program dengan hasil perhitungan menggunakan metode Tsimarul Murid sebagai acuan algoritma rumus pemrograman dan metode ephemeris sebagai metode yang dianggap akurat saat ini.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, dalam algoritma program hisab awal bulan Kamariah berbasis aplikasi android HP Prime dalam buku Ilmu Falak With Your Calculator karya Ali Mustofa dan algoritma Tsimarul Murid sebagai acuannya terdapat perbedaan rumus, di mana rumus mencari A, bulan JD, tahun JD dan tanggal JD menggunakan rumus Astronomical Algorithms Jean Meeus tepatnya pada halaman 63 mengenai rumus perubahan JD menjadi tanggal, serta terdapat perbedaan rumus pada data perkiraan ghurub, JD perkiraan ghurub, JD ghurub dan bujur Bulan, namun perbedaan yang ada hanya hasil modifikasi bahasa pemrograman. Kedua, uji akurasi pertama dengan metode Tsimarul Murid mendapatkan perbedaan hasil dan selisih terbesar bernilai detik, perbedaan yang ada disebabkan karena jumlah digit di belakang koma pada nilai Jdk berbeda yang mempengaruhi hasil lama hilal mempunyai selisih terbesar, sedangkan komparasi dengan metode ephemeris mendapatkan perbedaan terbesar pada nilai waktu terbenam hilal, ini disebabkan karena perbedaan algoritma antara coding pemrograman HP Prime dan metode ephemeris, namun selisihnya masih senilai menit artinya masih dapat ditoleransi, sehingga program hisab awal bulan Kamariah berbasis aplikasi android HP Prime bisa dikatakan akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Awal Bulan Kamariah; Aplikasi Android HP Prime; Ali Mustofa
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 02 Sep 2022 05:42
Last Modified: 02 Sep 2022 05:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16485

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics