Pengaruh pengetahuan produk halal, religiusitas, dan label halal terhadap keputusan pembelian : studi kasus konsumen bapia Murni Nuqiqu Kelurahan Plamongan Semarang

Sari, Ayu Malinda (2021) Pengaruh pengetahuan produk halal, religiusitas, dan label halal terhadap keputusan pembelian : studi kasus konsumen bapia Murni Nuqiqu Kelurahan Plamongan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705026051_AYU_MALINDA_SARI] Text (SKRIPSI_1705026051_AYU_MALINDA_SARI)
SKRIPSI_1705026051_AYU_MALINDA_SARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Saat ini konsumsi makanan halal menjadi budaya yang beredar dikalangan masyarakat umum, hal itu dikarenakan banyak beredarnya produk makanan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh para konsumen. Dan adanya skripsi ini yakni membahas mengenai suatu pengetahuan produk, tingkat religiusitas dan juga tentang label halal yang terdapat dalam sebuah produk apakah mempunyai pengaruh yang amat sangat penting pada keputusan pembelian seseorang konsumen terhadap pilihannya. Hal ini didukung oleh adanya pemberlakuan Undang-Undang untuk melakukan labeling halal terhadap setiap produk yang dihasilkan. Dan penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh adanya pengetahuan produk halal, religiusitas dan juga label halal terhadap keputusan pembelian produk bakpia Murni Nuqiqu Plamongan kota Semarang. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif yakni untuk pengumpulan data – data penelitian yaitu melalui penyebaran angket atau ( kuesioner ) dengan sampel berjumlah 50 responden. Dalam penelitian ini untuk analisis datanya meliputi Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik , Uji Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan secara parsial atau melalui uji T yaitu ketiga variabelnya ini sangat berpengaruh, secara positif dan juga signifikan terhadap keputusan pembelian produk halal. Diketahui untuk variabel pengetahuan produk halal dikatakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu dengan nilai t-hitung > t-tabel yaitu 2,229 > 2,012 dan untuk nilai signifikansi yaitu sebesar 0,031 < 0,05. Variabel religiusitas juga berpengaruh secara positif dan signifikansi terhadap keputusan pembelian produk halal yaitu dengan nilai 4,542 > 2,012 dan nilai untuk signifikansi 0,000 < 0,05. Untuk variabel Label Halal juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian karena nilai t-hitung > t-tabel yaitu sebesar 2,442 > 2,012 dan untuk nilai signifikansi yaitu sebesar 0,019 < 0,05. Dan secara simultan yakni berdasarkan dengan uji F menunjukan bahwa pengetahuan produk halal, religiusitas dan label halal ini secara bersama-sama berpengaruh positif dan tentunya signifikan terhadap keputusan pembelian karena untuk nilai F-hitung > F-tabel yaitu sebesar 51.851 > 2,81 yakni dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Serta untuk koefisien determinasi (R square) menunjukan bahwa pengetahuan produk halal, religiusitas, dan label halal yakni mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian yakni sebesar 77,2% , untuk sesanya yaitu 22,8% keputusan pembelian ini dipengaruhi dan ijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumen; Keputusan pembelian; Pengetahuan; Produk halal; Religiusitas; Label halal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Jul 2022 01:04
Last Modified: 28 Jul 2022 01:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16488

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics