Pemikiran Masdar Farid Mas’udi tentang pajak dan zakat dan relevansinya pada kebijakan fiskal di Indonesia

Riyani, Fiki (2021) Pemikiran Masdar Farid Mas’udi tentang pajak dan zakat dan relevansinya pada kebijakan fiskal di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026060_Fiki_Riyani] Text (Skripsi_1705026060_Fiki_Riyani)
Skripsi_1705026060_Fiki_Riyani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fungsi zakat dan pajak apabila ditinjau dari trilogi fungsi kebijakan fiskal dan bagaimana prospek penerapan zakat sebagai pengurang pajak penghasilan sebagai alternatif kebijakan fiskal di Indonesia.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode library research. Data primer diperoleh dari buku “Pajak itu Zakat” karya Masdar Farid Mas’udi dan UU mengenai kebijakan zakat sebagai pengurang penghasilan kena pajak. Sementara data sekunder berasal dari buku-buku dan literasi pendukung lainnya, kemudian dianalisis secara deskriptif.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Pajak dan zakat apabila dilihat dari fungsi stabilitas, alokasi dan distribusi atau biasa disebut dengan trilogi fungsi kebijakan fiskal, keduanya merupakan perpaduan yang saling menyempurnakan dan penting dalam penstabilan ekonomi. 2) Prospek penerapan zakat sebagai pengurang pajak penghasilan sebagai alternatif kebijakan fiskal di Indonesia, kemungkinan akan ada peningkatan tarif pajak yaitu jumlah wajib pajak akan meningkat, kelompok miskin akan terbantu, akan ada persyaratan bagi lembaga yang mengelola zakat, baik BAZ ataupun LAZ, untuk menjalankan standar tata kelola yang baik, yaitu Transparency (keterbukaan), Accountability (akuntabilitas), Responsibility (pertanggungjawaban), Independency (kemandirian), dan Fairness (kewajaran).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kebijakan fiskal; Pajak; Zakat; Indonesia; Masdar Farid Mas’udi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Jul 2022 01:12
Last Modified: 03 Aug 2022 04:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16489

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics