Analisis penerapan nilai-nilai kepercayaan Sedulur Sikep terhadap bentuk mata pencaharian dalam prespektif ekonomi Islam : studi pada komunitas masyarakat Samin Dukuh Mblimbing, Desa Sambongrejo, Blora

Aini, Nurul (2021) Analisis penerapan nilai-nilai kepercayaan Sedulur Sikep terhadap bentuk mata pencaharian dalam prespektif ekonomi Islam : studi pada komunitas masyarakat Samin Dukuh Mblimbing, Desa Sambongrejo, Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026083_Nurul_Aini] Text (Skripsi_1705026083_Nurul_Aini)
Skripsi_1705026083_Nurul_Aini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan nilai-nilai kepercayaan Sedulur Sikep terhadap bentuk mata pencaharian dalam perspektif ekonomi Islam komunitas masyarakat Samin Dukuh Blimbing Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. Adapun pokok permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini yaitu bagaimana penerapan nilai-nilai kepercayaan Sedulur Sikep pada bentuk mata pencaharian atau pekerjaan mereka dalam perspektif ekonomi Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada komunitas masyarakat Samin di Dukuh Blimbing Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong Kabupaten Blora dengan menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam penerapan nilai-nilai kepercayaan dalam mata pencaharian mereka komunitas masyarakat samin dusun Mlimbing dalam prespektif ekonomi Islam.
Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa bentuk mata pencaharian komunitas masyarakat Samin yaitu pertanian dan sudah tertuang dalam ajaran mereka yaitu sebagai petani. Namun berapa dari mereka seiring berkembangnya mata pencaharian beralih mata pencaharian sebagai pedagang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dalam penerapan nilai-nilai kepercayaan Sedulur Sikep dalam berdagang berdasarkan hasil penelitian mereka yang berdagang masih menerapkan nilai-nilai ajaran nenek moyangnya yaitu ajaran kepercayaan SedulurSikep akan tetapi terdapat beberapa nilai yang tidak ada sebelumnya yaitu mengambil keuntungan. Dalam kaca mata ekonomi Islam nilai-nilai yang ada pada bentuk mata pencaharian mereka sejalan dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam yaitu prinsip adl, prinsip nubuwahakan tetapi tidak semua usur yang mereka libatkan diantaranya yang tidak dilibatkan adalahafatanah (kecerdasan), prinsip khilafah, prinsip ma’ad. Akan tetapi dalam peran pemerintah belum merata dalam memberikan bantuan terutama untuk menunjang pekerjaan mereka. Dengan demikian prinsip-prinsip yang dilakukan oleh masyarakat Samin harus dipertahankan karena mengandung nilai positif dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai agama yang sudah ditetapkan Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai kepercayaan; Mata pencaharian; Ekonomi Islam; Masyarakat Samin; Sedulur Sikep
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Jul 2022 01:36
Last Modified: 28 Jul 2022 01:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16492

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics