Analisis prinsip-prinsip pengelolaan BUMDes dalam upaya mewujudkan desa mandiri : studi kasus di Desa Kajen Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati

Inayah, Fiya Alfi (2021) Analisis prinsip-prinsip pengelolaan BUMDes dalam upaya mewujudkan desa mandiri : studi kasus di Desa Kajen Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026147_Fiya_Alfi_Inayah] Text (Skripsi_1705026147_Fiya_Alfi_Inayah)
Skripsi_1705026147_Fiya_Alfi_Inayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

BUMDes merupakan lembaga ekonomi desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan potensi desa. Skripsi ini membahas tentang pengelolaan yang diterapkan oleh BUMDes Desa Kajen dan analisis prinsip-prinsip pengelolaan badan usaha menurut perspektif ekonomi Islam. Adapun pokok permasalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengelolaan yang diterapkan pada BUMDes Kajen di Desa Kajen Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati dan bagaimana prinsip-prinsip pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Kajen berdasarkan perspektif ekonomi Islam.
Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis melakukan wawancara dengan pengurus oprasional BUMDes Kajen yang meliputi direktur, sekretaris, dan manajer BUMDes Kajen. Teknik keabsahan data dengan metode triangulasi sumber data. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa BUMDes Kajen dalam pengelolaannya dilakukan secara bertahap mulai dari merencanakan tujuan dan target yang ingin dicapai BUMDes Kajen, melakukan identifikasi potensi yang dimiliki Desa Kajen, melakukan musyawarah dan evaluasi, dan mengembangkan unit usaha yang sesuai dengan potensi desa dan kebutuhan masyarakat Desa Kajen. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan yang diterapkan di BUMDes Kajen, telah menerapkan pengelolaan berdasarkan fungsi manajemen diantaranya yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Selain itu prinsip-prinsip pengelolaan badan usaha BUMDes Kajen telah menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan badan usaha berdasarkan prinsip Ekonomi Islam diantaranya yaitu adanya prinsip profesional yang diterapkan oleh semua pengurus BUMDes Kajen, menerapkan prinsip terbuka dan bertanggungjawab yang dapat dilihat dari adanya media yang berupa situs web BUMDes Kadjen yang berisi tentang semua kegiatan BUMDes Kajen, serta adanya partisipasi masyarakat melalui musyawarah maupun unit usaha Abunawas Shop.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Desa mandiri; Badan Usaha Milik Desa; BUMDes
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:40
Last Modified: 02 Aug 2022 03:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16501

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics