Pengaruh halal awareness dan halal certification terhadap minat beli makanan halal di kalangan mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Anjassyafara, Risyaldi Candra (2021) Pengaruh halal awareness dan halal certification terhadap minat beli makanan halal di kalangan mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026156_Risyaldi_Candra_A] Text (Skripsi_1705026156_Risyaldi_Candra_A)
Skripsi_1705026156_Risyaldi_Candra_A.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok yang harus ada dalam kehidupan sehari-hari manusia di muka bumi. Namun, hukum Islam tidak mengizinkan umat Islam sendiri untuk memakan semuanya. Hukum Islam menetapkan proses memutuskan apakah akan makan atau mengizinkan makanan, atau mengizinkan makanan (halal). Halal awareness (kesadaran halal) diartikan dengan pemahaman umat Muslim mengetnai pengetahuan dan pemahaman isu halal. Serta adanya sertifikasi halal (halal certification) membuahkan umat Muslim menjadi sadar dengan makanan yang dimakan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh halal awareness dan halal certification terhadap minat beli makanan halal pada mahasiswa milenial UIN Walisongo Semarang dalam pembelian makanan halal. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Penelitian survey menggunakan kuesioner sebagai sarananya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Penggunaan sampel mengambil responden sebanyak 98 sampel. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan berbagai alat uji seperti uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas). Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.
Peneliti menemukan hasil sebagai berikut: Pertama halal awareness memiliki pengaruh regresi terhadap minat beli dengan nilai 0,391 dan signifikansi sebesar 0,006. Kedua halal certification memiliki pengaruh pada minat beli dengan regresi nilainya 0,566 dan signifikansi sebesar 0,000. Ketiga halal awareness dan halal certification secara bersamaan mempunyai pengaruh dalam minat beli dengan signifikansi sebesar 0,000. Hasil persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y= 4,327 + 0,391 + 0,566.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat beli; Makanan halal; Mahasiswa; Halal awareness; Halal certification; Sertifikasi halal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:46
Last Modified: 03 Aug 2022 01:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16503

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics