Pesan moral dalam sinetron Amanah Wali 5 di RCTI

Pamungkas, Hans Ksuma Adi (2021) Pesan moral dalam sinetron Amanah Wali 5 di RCTI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026168_HANS KSUMA ADI PAMUNGKAS_SKRIPSI LENGKAP.pdf] Text
1601026168_HANS KSUMA ADI PAMUNGKAS_SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Televisi adalah salah satu media massa yang berperan dalam proses penyampaian suatu pesan. Melalui berbagai program televisi, pesan dapat disampaikan ke khalayak yang salah satunya dari program sinetron.Sinetron menjadi sarana yang begitu cepat diterima masyarakat, yang mana pada umumnya tayangan sinetron berisi gambaran kehidupan sehari-hari dalam masyarakat.Pesan yang dibangun pada sinetron yaitu realitas moral atau pesan moral.Moral sendiri dapat diartikan sebagai ajaran perilaku mengenai baik dan buruk dalam kehidupan masyarakat. Tujuan pada penelitian iniyaitu untuk mengetahui pesan moral yang terkandung dalam sinetron Amanah Wali 5 episode 14-15. Sinetron ini bergenre religi komedi, menceritakan tentang kehidupan preman pasar yang ingin betobat dan kehidupan warga kampung ujung hingga pasar Genjing. Metode pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Cahrles Sanders Peirce. Dalam memperoleh data yang dimaksudkan,penulis melakukandokumentasi yang diperoleh melalui aplikasi RCTI Plus yang memuat adegan pesan moral ataupun screenshot adegan.Peneliti mengamati sinetron Amanah Wali 5 dengan memilih kata (dialog) beserta gambar (image atau potongan gambar) yang berkaitan dengan simbol moral secara menyeluruh. Peneliti menyalin dialog tersebut secara langsung lalu menyajikan kedalam bentuk narasi pesan moral melalui konsep triadic yang terdiri dari 3 komponen, yaitu tanda, objek, dan interpretan. Hasil yang diperoleh pada penelititan ini menunjukkan pesan moral yang ditampilkan sinetron Amanah Wali 5 episode 14-15 yang diantaranya sebagai berikut: pesan moral pribadi: sikap bertanggung jawab, tidak menyepelekan perkara hutang, bekerja keras, konsintensi diri: pesan moral keluarga: memimpin doa pada keluarga; pesan moral masyarakat: menjalin hubungan baik dengan orang lain, mengingatkan dalam kebaikan, mengingatkan membayar hutang, menjaga keharmonisan dalam masyarakat, tidak mencurangi orang lain, sikap peduli pada orang lain, adab berkunjung ke rumah orang lain: pesan moral agama: mengawali aktivitas dengan berdoa, pentingnya adab makan dan minum sesuai ajaran agama, mensyukuri nikmat Allah SWT, himbauan kewajiban ibadah puasa, himbauan melaksanakan shalat, himbauan tidak memainkan timbangan dalam berdagang, mengingatkan tentang sedekah, mengingatkan untuk memperkuat ibadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Alat Dakwah; Media Dakwah; Televisi dan Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 06 Aug 2022 03:47
Last Modified: 06 Aug 2022 03:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16537

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics